PEMBELAJARAN PIANO DASAR PADA ANAK AUTIS MELALUI METODE MEMORY SINGING, HEARING, READING, DAN FINGERDRILL DI SEKOLAH HARAPAN BUNDA

Authors

  • TIRZA APRILLIVIA W

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v2n1.p65-76

Abstract

Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran pada hakikatnya dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan. Keempat istilah tersebut merupakan satu kesatuan dalam pembelajaran. Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang akan dan/atau sedang digunakan dapat diketahui dari langkah-langkah pembelajaran yang telah tersusun dan/atau sedang terjadi. Pendekatan pembelajaran adalah cara umum dalam memandang pembelajaran. Sedangkan strategi pembelajaran adalah ilmu dan kiat di dalam memanfaatkan segala sumber belajar yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Metode mengajar adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan teknik pembelajaran adalah ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu. Teknik pembelajaran mengambarkan langkah-langkah penggunaan metode mengajar yang sifatnya lebih operasional. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penentuan teknik pembelajaran di antaranya adalah kemampuan dan kebiasaan guru, ketersedian sarana dan waktu, serta kesiapan siswa. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih strategi pembelajaran ialah tujuan pembelajaran, jenis dan tingkat kesulitan materi pelajaran, sarana, waktu yang tersedia, siswa, dan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-11-06

How to Cite

APRILLIVIA W, T. (2013). PEMBELAJARAN PIANO DASAR PADA ANAK AUTIS MELALUI METODE MEMORY SINGING, HEARING, READING, DAN FINGERDRILL DI SEKOLAH HARAPAN BUNDA. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(1), 65–76. https://doi.org/10.26740/jps.v2n1.p65-76

Issue

Section

Articles
Abstract views: 67 , PDF Downloads: 268