METODE PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK KERONCONG DI SDN 1 KERJO TRENGGALEK

Penulis

  • ERIC JANUAR NUGROHO
  • NOORDIANA

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v8n1.p%25p

Abstrak

SDN 1 Kerjo Trenggalek merupakan satu-satunya SD di Kabupaten Trenggalek yang ada pembelajaran musik Keroncong melalui kegiatan Ekstrakurikuler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Ekstrakurikuler musik Keroncong di SDN 1 Kerjo Trenggalek. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Objek penelitian yaitu metode pembelajaran Ekstrakurikuler musik Keroncong. Subjek penelitian yaitu kegiatan Ekstrakurikuler musik Keroncong SDN 1 Kerjo Trenggalek. Sumber data penelitian yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan perekaman. Ekstrakurikuler musik Keroncong SDN 1 Kerjo Trenggalek dilaksanakan 2 kali yaitu di Sekolah dan Studio. Jumlah siswa sebanyak 20 siswa yang terdiri dari siswa kelas 4-6 SD. Materi yang diberikan dalam pembelajaran Ekstrakurikuler musik Keroncong ini meliputi pengenalan alat musik Keroncong, pengenalan akord, irama dasar, irama engkel dan dobel, serta lagu-lagu Keroncong. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Ekstrakurikuler musik Keroncong ini ada dua yaitu metode ceramah dan demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang diterapkan oleh pembina dalam pembelajaran Ekstrakurikuler musik Keroncong sangat efektif dan menunjukkan hasil yang baik dalam segi teknis maupun non-teknis. Pembelajaran Ekstrakurikuler musik Keroncong ini sudah memperoleh prestasi dan penghargaan di berbagai acara tingkat Nasional.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Musik Keroncong.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-07-10

Cara Mengutip

JANUAR NUGROHO, E., & NOORDIANA. (2020). METODE PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK KERONCONG DI SDN 1 KERJO TRENGGALEK. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 8(1). https://doi.org/10.26740/jps.v8n1.p%p

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 55 , PDF Downloads: 0