PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE SIMURELAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEKNIK PEMANASAN, TATA UDARA, DAN PENDINGINAN

Penulis

  • Ahmad Fattahillah Putra Jaya Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya
  • Fendi Achmad Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v13n02.p99-108

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Software Simurelay, Trainer, Powerpoint, Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan software simurelay dan trainer terhadap hasil belajar peserta didik TPTUP SMKN 1 Sidoarjo; (2) Menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan trainer dan powerpoint terhadap hasil belajar peserta didik TPTUP SMKN 3 Buduran; (3) Menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan software simurelay dan trainer dengan yang menggunakan problem based learning (PBL) berbantuan trainer dan powerpoint. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain non-equivalent control group pretest-posttest. Populasi yang digunakan berasal dari kelas XI SMKN 1 Sidoarjo dan SMKN 3 Buduran dengan sampel kelas XI jurusan teknik pemanasan, tata udara, dan pendinginan (TPTUP). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes (pretest dan posttest) dan observasi (lembar observasi). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T (paired sample t test dan independent sample t test) dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian ini menunjukkan yaitu: (1) Terdapat pengaruh setelah penerapan model pembelajaran PBL berbantuan software simurelay dan trainer dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik TPTUP SMKN 1 Sidoarjo; (2) Terdapat pengaruh setelah penerapan model pembelajaran PBL berbantuan trainer dan powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik TPTUP SMKN 3 Buduran; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan software simurelay dan trainer lebih tinggi dari yang menggunakan problem based learning (PBL) berbantuan trainer dan powerpoint.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-16

Cara Mengutip

Pratama, A. F. P. J., Kholis, N., Rijanto, T., & Achmad, F. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE SIMURELAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEKNIK PEMANASAN, TATA UDARA, DAN PENDINGINAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 13(02), 99–108. https://doi.org/10.26740/jpte.v13n02.p99-108

Terbitan

Bagian

Vol 13 No 02 (JPTE Agustus 2024)
Abstract views: 68 , PDF Downloads: 66