PENERAPAN PENUGASAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR 2 PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOPLING DI SMKN 3 SURABAYA

  • AMBAR FUEDI

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan penugasan berbasis portofolio pada materi sistem kopling. Selama ini hasil belajar siswa kurang optimal. Sehingga melalui penerapan penugasan berbasis portofolio pada materi sistem kopling memungkinkan terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif sehingga kualitas pembelajaran meningkat, baik ditinjau dari respon, dan ketuntasan belajar siswa. Siswa yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 2 semester ganjil yang terdiri dari 22 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus setiap siklus mempunyai tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara diskriptif, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi hasil tugas siswa, lembar tes hasil belajar, dan angket respon siswa, Hasil belajar dapat dinyatakan telah tuntas belajar bila telah mencapai skor ≥ 75 %. Secara klasikal suatu kelas telah tuntas belajar bila dikelas terdapat ≥ 75 % dari siswa yang tuntas belajar individu. Dari hasil penelitian memberikan hasil yaitu Dengan menerapkan pembelajaran langsung dengan metode penugasan berbasis portofolio Hasil belajar siswa meningkat di tiap putarannya. Nilai ketuntasan klasikal sebesar 73% pada siklus I dan 90% pada siklus II.. Hasil Respon siswa terhadap penerapan penugasan berbasis portofolio pada pelajaran sistem kopling pada kategori baik dengan presentase rata-rata sebesar 80%.
Kata kunci : Penugasan Portofolio, Hasil Belajar, dan Respon Siswa

Published
2015-01-21
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 61