PENGARUH NILAI MICROTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA UNESA SEBAGAI CALON GURU DALAM KEGIATAN PROGRAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN (PPP) DI SMK TAMAN SISWA MOJOKERTO

  • VIQGEH MARDIYANSYAH
  • DJOKO SUWITO

Abstract

Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP) merupakan suatu program yang diwajibkan untuk mahasiswa program kependidikan jenjang S-1 yang mana program ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta keterampilan mahasiswa dalam pengelolahan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial dan profesional. Oleh karena itu, Tujuan Penilitian ini adalah (1) Untuk mengetahui nilai Microteaching mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA) di SMK Taman Siswa Mojokerto (2) Untuk mengetahui kemampuan mengajar mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dalam PPP di SMK Taman Siswa Mojokerto (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh nilai micro teaching terhadap PPP Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya di SMK Taman Siswa Mojokerto. Metode Penilitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mencari fakta terhadap pengaruh yang timbul dari adanya kegiatan microteaching terhadap kemampuan mengajar mahasiswa UNESA dalam melasanakan PPP yang akan dioleh berupa angka dari hasil observasi berupa angket data menggunakan instrumen penilaian. Hasil Penilitian ini menunjukan dari hasil nilai rata-rata micro teaching mahasiswa di SMK Taman Siswa Mojokerto Sebesar 76,09. Nilai tersebut menunjukan bahwa mahasiswa microteaching UNESA sudah memenuhi persyaratan untuk melakukan PPP. Dan pada nilai Kemampuan mengajar mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dalam PPP di SMK Taman Siswa Mojokerto sangat memuaskan. Hal ini di tunjukan dari nilai rata rata mahasiswa sebesar 87,77. Dan dari hasil uji hipotesis menunjukan adanya pengaruh antara nilai microteaching kemampuan mengajar hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan F0 > Fa yaitu 15,807 > 4,32 sehingga Ho (Tidak ada pengaruh antara nilai microteaching terhadap kemampuan mengajar mahasiswa pada PPP di SMK Taman Siswa Mojokerto) ditolak dan Ha (Ada pengaruh antara nilai microteaching terhadap kemampuan mengajar mahasiswa pada PPP di SMK Taman Siswa Mojokerto) diterima.

Kata kunci : Microteaching, Kemampuan Mengajar, PPP.

Published
2018-08-08
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 42