PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTIK3D (AUGMENTED REALITY GAMBAR TEKNIK 3D) PADA PLATFORM ANDROID UNTUK SISWA TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Sita Jihan Fadilah Universitas Negeri Surabaya
  • Djoko Suwito Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media Pembelajaran, Model Pengembangan Luther, Kelayakan Media Pembelajaran, Respon Peserta Didik, Augmented Reality

Abstract

Abstrak

Kemajuan mutu sumber daya manusia beriringan dengan ditingkatkannya mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Inovasi media pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran gambar teknik dalam kriteria layak dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Luther yang terdiri dari concept, design, material colleting, assembly, testing, dan distribution. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan grafik nomogram Harry King dengan taraf kesalahan 6,4%, yaitu 72 peserta didik kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Surabaya pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian pengembangan ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran gambar teknik berbasis augmented reality ‘Aplikasi Artik3D’ pada platform android. Kelayakan aplikasi Artik3D dinilai dari ahli media, bahasa, materi, kelayakan butir soal, dan kelayakan jawaban. Hasil rata-rata penilaian kelayakan aplikasi Artik3D sebesar 3,71 yang persentasinya 93% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan, hasil rata-rata respon peserta didik terhadap pengunaan aplikasi Artik3D sebesar 3,29 yang persentasinya 82% dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Artik3D sangat layak digunakan untuk menunjang proses pembelajaran gambar teknik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Model Pengembangan Luther, Kelayakan Media Pembelajaran, Respon Peserta Didik, Augmented Reality.

References

1. Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
2. Luther, A. C. (1994). Authoring Interactive Multimedia. Massachusettes: Academic Press, Inc.
3. Maskur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 177-186.
4. Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 36-48.
5. Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
6. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
7. Suparji, Palupi, A. E., & Mulyono, W. D., (2020). Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Surabaya: CV. Prima Jaya Abadi.
Published
2021-05-11
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 209
PDF Downloads: 146