KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Choirul Anam Subagyo Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: model pembelajaran, student facilitator and explaining, hasil belajar

Abstract

Abstrak

Kehidupan pada saat ini yang sedang memasuki abad ke-21 dan era global yang membuat semakin berkembang pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuan. Khususnya perkembangan pendidikan yang juga harus mengalami perkembangan untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin pesat. Hal ini terlihat dari hasil pendidikan atau kualitas pendidikan yang dapat dilihat dari keberlangsungan proses pembelajaran. Namun proses pembelajaran yang masih diaplikasikan pada sekolah-sekolah dan pembelajaran yang dipakai masih berpusat pada pengajar dengan menggunakan metode ceramah, hal tersebut sering digunakan karena kekurangan dari sarana dan prasarana yang ada serta kurangnya alat pendukung atau alat peraga dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) serta pada model dan metode yang sering digunakan ini dianggap paling mudah penerapannya. Namun tanpa disadari oleh pengajar hal tersebut mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan hasil belajar yang diinginkan pengajar kurang terpenuhi atau rendahnya hasil belajar dari proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ilmiah ini merupakan studi literatur dengan mereview jurnal nasional maupun jurnal internasional yang relevan dan terkait dengan topik serta kriteria yang sudah ditetapkan. Hasilnya model pembelajaran student facilitator and explaining mampu memberikan keefektifan aktivitas dengan rata-rata sebesar 35% dan rata-rata keefektifan hasil belajar sebesar 45%. Hal ini memperlihatkan bahwa penerapan Student Facilitator and Explaining dinilai sangat efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: model pembelajaran, student facilitator and explaining dan hasil belajar.

References

Almi, Fadhli., Erizon, Nelvi., Aziz, Abdul., Jasman. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Las Dasar Listrik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Di Kelas X Smk Dhuafa Padang. VOMEK. Volume 2 Nomor 1 Januari 2020. 60-66.
Arafah, Siti. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Akidah Siswa Kelas V Mis Babussalam Nowa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume 1 Nomor 2 Juli 2018. 44-49
Arsana, I. M., & Khoiriah, H. N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM Pada Kompetensi Besaran & Satuan Di SMK Dharma Bahari Surabaya. JPTM, 6(2), 81–88.
Arsana, I. M., & Rosihan, M. J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script (CS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi TDO Kelas X TKR2 Di SMK Negeri 1 Kalianget. JPTM, 06(03), 59–64.
Arsana, I M., Susila, I W., Hidyatullah, R S., Ariyanto, S R. Implementation of Troubleshooting Teaching Method to Develop Student’s Competency in Conducting Motorcycle Tune-up. Journal of Physics: Conference Series. Ser 1387. 2019.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hanafiah, & Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelejaran (2nd ed.). Bandung: PT. Refika Aditama.
Hartina, Sri., R, La Ode Rafiuddin. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb SD Negeri 30 Kendari. JOB: Jurnal Pendidikan Dasar. 80-87.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.
Jacobs, G. (2004). Cooperative Learning: Theory, Principles, and Techniques. In Paper presented at the First International Online Conference on Second and Foreign Language Teaching and Research.
Maradona. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Basic Education, 5(17), 619–628.
Nurhayati, Erni., Rosdianwinata, Eka., Yulita, Susti Rahmah., Mubarika, Melinda Putri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFE) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 1 Cigeulis. Journal Of Matematics Learning. Volume 2 Nomor2 Agustus 2019. 19-26.
Nurjanah, Ana., Putri, Agustiany Dumeva., Handayani, Tutut. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFE) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Volume 2 Nomor 2 Tahun 2018, 123-133.
Muhail. 2021. Meningkatkan Aktiftitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Student Facilitator and Explaining. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. Volume 18 Issue 01 Tahun 2021, 1-11.
Santyasa, I. W. (2018). Student Centered Learning : Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21 untuk Menyiapkan Guru Profesional. Quantum, 25, 14.
Sudjana, Nana. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suprijono, Agus. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Suastini, N M., Suparta, I N., dan Hartawan, Yudi I G N. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII A3 Smp Negeri 3 Sawan. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. Volume IX No 1 April 2018
Trilling, B., & Hood, P. (1999). Learning, Technology , and Education Reform in the Knowledge Age. Educational Technlogy Publication, Inc., 39(3), 5–18.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Widayati, Risha Amalia. 2018. The Implementation of Cooperative Learning Strategy of Student Facilitator and Explaining (SFE) Type to Improve Activity and Learning Result. Classroom Action Research Journal. Volume 2 Number 1 March 2018, 13-23.
Yanto, Yufitri., Juwita, Ratna. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education. Volume 1 Nomor 1 Januari-Juli 2018, 53-60.
Yatimah. 2019. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Kpk Dengan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Bagi Siswa Kelas VI. ANARGYA: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2 Nomor 2 Oktober 2019.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan (2nd ed.). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Published
2021-06-09
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 294
PDF Downloads: 542