KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
model pembelajaran, student facilitator and explaining, hasil belajarAbstract
Abstrak
Kehidupan pada saat ini yang sedang memasuki abad ke-21 dan era global yang membuat semakin berkembang pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuan. Khususnya perkembangan pendidikan yang juga harus mengalami perkembangan untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin pesat. Hal ini terlihat dari hasil pendidikan atau kualitas pendidikan yang dapat dilihat dari keberlangsungan proses pembelajaran. Namun proses pembelajaran yang masih diaplikasikan pada sekolah-sekolah dan pembelajaran yang dipakai masih berpusat pada pengajar dengan menggunakan metode ceramah, hal tersebut sering digunakan karena kekurangan dari sarana dan prasarana yang ada serta kurangnya alat pendukung atau alat peraga dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) serta pada model dan metode yang sering digunakan ini dianggap paling mudah penerapannya. Namun tanpa disadari oleh pengajar hal tersebut mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan hasil belajar yang diinginkan pengajar kurang terpenuhi atau rendahnya hasil belajar dari proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ilmiah ini merupakan studi literatur dengan mereview jurnal nasional maupun jurnal internasional yang relevan dan terkait dengan topik serta kriteria yang sudah ditetapkan. Hasilnya model pembelajaran student facilitator and explaining mampu memberikan keefektifan aktivitas dengan rata-rata sebesar 35% dan rata-rata keefektifan hasil belajar sebesar 45%. Hal ini memperlihatkan bahwa penerapan Student Facilitator and Explaining dinilai sangat efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: model pembelajaran, student facilitator and explaining dan hasil belajar.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

