PENGARUH PENGGUNAAN MODUL CHASSIS DYNAMOMETER TERHADAP RESPON MAHASISWA DAN DOSEN PADA MATA KULIAH ANALISIS PERFORMANSI MESIN DI JURUSAN TEKNIK MESIN FT UNESA

  • Muhammad Yandi Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Warju Warju Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Modules, Dynamometer Chassis, 4D MODELS, RESPONS

Abstract

Proses pembelajaran pada praktik mata kuliah analisis performansi mesin sub kemampuan akhir pengujian torsi dan daya efektif pada kendaraan bermotor di Laboratorium Pengujian Performa Mesin Jurusan Teknik Mesin FT Unesa berjalan kurang efektif dan efisien, dikarenakan tidak adanya modul pembelajaran tentang alat uji chassis dynamometer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa dan dosen terhadap penggunaan modul chassis dynamometer yang dikembangkan.

                Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: 1) define, 2) design, 3) development, 4) disseminate. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin yang memprogram mata kuliah analisis performansi mesin semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penilaian berupa lembar angket respon mahasiswa dan dosen. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif.  

                Hasil dari penelitian ini adalah respon mahasiswa terhadap penggunaan modul dari aspek tampilan, aspek penyajian materi, dan aspek manfaat mendapatkan persentase hasil sebesar 92,54 % termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan respon dosen terhadap penggunaan modul mendapatkan persentase rata-rata sebesar 96,84 % termasuk dalam kategori sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul chassis dynamometer mendapatkan respon yang sangat baik dari mahasiswa dan dosen, sehingga dapat menjadi bahan ajar pada mata kuliah analisis performansi mesin materi pengujian torsi dan daya efektif pada kendaraan bermotor menggunakan chassis dynamometer.

Kata Kunci: Modul, Chassis Dynamometer, Model 4D, Respon.

References

1. Afifah, D. N., & Arsana, I. M. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Penerangan Mobil Mata Pelajaran Kelistrikan Di SMK N 1 Jatirejo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unesa, 6(03), 124–131. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/23574/21549
2. Anady, N. R., & Warju. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kompetensi Dasar Alat Ukut Elektronik Kelas X di SMKN 1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(2), 159–165. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/28652
3. Anggraini, F., & Sukardi, S. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kewirausahaan Model Student Company di SMK Negeri 1 Godean. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 24. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8113
4. Apriliana, F., & Warju. (2012). Pengembangan Modul Engine Tuner Ea-800a Pada Mata Kuliah Praktek Motor Bensin Di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 01(02), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/518
5. Apriliasari, A. Y., & Arsana, I. M. (2016). Pengembangan Modul Oil Cooler Trainer Untuk Menunjang Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa D3 Teknik Mesin Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 5(01), 72–79.
6. Arifin, M. N., & Warju. (2014). Pengembangan Modul Scan Tool Launch X431 Master Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Praktik Motor Bensin di Jurusan Teknik Mesin Ft Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 3(02), 88–95. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/11002
7. Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
8. Ariyanto, S. R., & Arsana, I. M. (2016). Pengembangan Modul Radiator Trainer Sebagai Penunjang Mata Kuliah Perpindahan Panas Mahasiswa D-III Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 05(01), 28–33.
9. Ariyanto, S. R., Munoto, M., & Muhaji, M. (2019). Development of Psychomotor Domain Assessment Instrument on Brake System Competence in SMKN 1 Jetis Mojokerto. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(6). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i6.1648
10. Arsana, I. M., Ariyanto, S. R., & Wibisono, H. G. (2019). Implementation of Problem-Based Learning Models Supported by Trainer Radiator Module for Heat Transfer Learning. Jurnal Taman Vokasi, 7(2), 226–231.
11. Arsyad, Azhar. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
12. Baharuddin. & Wahyuni, Esa Nur. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
13. Depdiknas (Ed.). (2008). 2008. In Penulisan Modul (pp. 01–30).
14. Faridah, W., & Warju, W. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Injector Tester Dan Ultrasonic Cleaner Cnc-601a Pada Mata Kuliah Praktik Motor Bensin Program Studi S-1 Pendidikan Teknik Mesin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unesa, 2(03), 58–66. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/7767
15. Hidayanto, T., & Soeryanto. (2014). Pengembangan Modul Mata Kuliah Pengetahuan Alat Ukur Produksi Pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unesa, 03(01), 107–113. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/8369/8528
16. Mulhayatiah, D., Setya, W., & Suhendi, H. Y. (2019). The Impact of Digital Learning Module in Improving Students’ Problem-Solving Skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 8(1), 11–22. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v8i1.3150
17. Nasrullah, I., & Warju. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Portable Digi-Print Analyzer dan Portbable Diagnostic Scope Untuk Menunjang Praktik Motor Bensin di Jurusan Teknik Mesin FT Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 3(9), 96–103. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/11007
18. Ozdamli, F., & Asiksoy, G. (2016). Flipped Classroom Approach. World Journal on Educational Technology, 8(2), 98. https://doi.org/10.18844/wjet.v8i2.640
19. Pradana, B. A., & Wailanduw, A. G. (2015). Pengembangan dan Uji Coba Modul Alat Ukur Jangka Sorong dan Avometer di SMK Negeri 3 Surabay Sebagai Penunjang Implemnetasi Kurikulum 2013. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 04(02), 75–81. https://docplayer.info/48499182-Jtm-volume-04-nomor-02-tahun-2015-75-81.html
20. Pratama, A. A. N., & Arsana, I. M. (2019). Pengembangan Modul Shell and Tube Heat Exchanger Trainer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Perpindahan Panas Pada Mahasiswa S1 Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 07(03), 59–64.
21. Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
22. Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60.
23. Riduwan & Akdon. 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statiska. Bandung: Alfabeta.
24. Setio, Mochammad Huda Mei. 2017. Modul Automotive Process. Jurusan Teknik Mesin FT UNESA
25. Setiyawan, N. D., & Arsana, I. M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Pengapian CDI Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Siswa Kelas XII TSM Pada Mata Diklat Perbaikan Sistem Pengapian di SMKN 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 05(01), 87–94.
26. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaitf, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
27. Suhendi, H. Y., Mulhayatiah, D., & Zakwandi, R. (2018). The Effectiveness of Worksheet Based Learning of Rotational Dynamics on Students’ Critical Thinking Skills Viewed from IQ Score. Scientiae Educatia, 7(1), 55. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v7i1.2162
28. Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indianapolis: Center for Innovation in Teaching the Handicapped.
29. Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: learning for life in our times (1st ed.). Jossey-Bass. http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=7D2B90D16E8D4519C1A7CA2BCE129473
30. Umaroh, S. T., & Warju. (2019). Pengembangan Modul Smoke Opacity Meter Tecnomotor Tipe G-820 Untuk Menunjang Mata Kuliah Analisa Performa Mesin Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Ft Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(2), 111–122. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/search/authors/view?firstName=SUSI&middleName=&lastName=TRI UMAROH&affiliation=&country=ID
31. Wahyuni, D., & Muhaji. (2015). Pengembangan Modul Handheld Meter KES- 200 Pada Mata Pelajaran Alat Ukur di SMK KAL 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 04(02), 59–66. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/13789/12620
32. Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots pada Kompetensi Sistem Rem di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914
Published
2021-09-17
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 151
PDF Downloads: 90