PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM STARTER UNTUK SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK RAJASA SURABAYA

  • Mego Hannanto Ihsa Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Theodorus Wiyanto Wibowo Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pengembangan, , Modul, Uji Kelayakan, Hasil Belajar, Trainer Sistem Starter

Abstract

The teaching and learning process carried out on the subject of Light Vehicle Electrical Maintenance in
class XI TKR SMK Rajasa only uses the Student Worksheet (LKS) and does not yet have learning media
in the form of modules, which is an obstacle to achieving optimal learning outcomes. The purpose of this
study was to develop a starter system trainer module and determine its level of validity, as well as to
determine the learning outcomes of eleventh graders (XI) of Light Vehicle Engineering at SMK Rajasa
Surabaya after using the starter system trainer module. The development of the Starter System Trainer
learning module uses the 4D method, namely Define, Design, Development, and disseminate. However, in
this study the disseminate stage was not carried out due to time constraints. In this study, there are 4
validators, namely research instrument validators, linguists, material experts, and design experts. The data
collection technique was carried out using a module feasibility test questionnaire and student learning
outcomes. The results of this study obtained a percentage of module eligibility of 79% which was included
in the appropriate criteria and an increase in student learning outcomes of 44%.
Keywords: Development, Module, Feasibility Test, Learning Outcomes, Starter System Trainer

References

1. Afifah, D. N., & Arsana, I. M. (2018). “Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Penerangan Mobil Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Di SMKN 1 Jatirejo”. JPTM, Vol 6(03): hal. 124-131.
2. Amiq. Bahrul., & Suwito. Djoko. (2016). “Pengembangan modul pembelajaran teknologi mekanik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TPM SMKN 1 Driyorejo”. JPTM, Vol 6(03): hal. 101-107.
3. Ariyanto, S. R. (2016). “Pengembangan Modul Radiator Trainer sebagai Penunjang Mata Kuliah Perpindahan Panas Mahasiswa D-III Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya”. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(01): hal.28-33.
4. Buku Pedoman Universitas Negeri Surabaya Tahun Akademik 2017-2018 Fakultas Teknik . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
5. Depdiknas. 2008. Teknik Penulisan Modul Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta: Penulis.
6. Devi, N. K. A. R. L., & Arsana, I. M. (2016). “Pengembangan Modul Pembelajaran Wire And Tube Heat Excahanger Trainer Untuk Menunjang Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Unesa (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).” JPTM, Vol 4(02): hal. 29-36.
7. Hamdani. 2011. Startegi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
8. Khoiriyyah, S. B., & Arsana, I. M. (2018). “Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Starter Mobil Pada Mata Pelajaran Sistem Starter Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMKN 1 Jatirejo”. JPTM, Vol 6(03): hal. 139-146.
9. Lasminto, W., & Arsana, I. M. (2013). “Pengembangan Media Trainer Sistem Pengapian CDI Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Mata Diklat Melakukan Perbaikan Sistem Pengapian Siswa Kelas XII TSM di SMK Negeri 1 Nganjuk”. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(01): hal. 24-33.
10. Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
11. Mulyasa. 2008. Standart Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung.
12. Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel – variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
13. Santoso , B.C.P., & Muliatna, I. M. (2017). “Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Pendingin Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR SMKN 3 Buduran Sidoarjo”. JPTM, Vol 5(03): hal. 38-42.
14. Setiyawan, N.D., & Arsana, I. M. (2016). “Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Pengapian CDI Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Siswa Kelas XII TSM Pada Mata Diklat Perbaikan Sistem Pengapian Di SMKN 1 Nganjuk”. JPTM, Vol 5(01): hal. 87-94.
15. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor - faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
16. Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
17. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. bandung : Alfabeta.
18. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pengembangan (Research and Development / R&D). bandung : Alfabeta.
19. Thiagarajan, Silvasailam. Intructional Development For Training Teacher of Exceptional Children. A Sourcebook. Washington: Educational System.
20. Widayanto, L.D., & Utama, F. Y. (2018). “Pengembangan modul pembelajaran CNC MILLING dengan pengaturan titik awal pahat pada posisi Center menggunakan Software MACH3 di SMKN 5 Surabaya”. JPTM, Vol 7(02): hal. 21-27
Published
2022-01-04
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 112