Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Di SMKN 2 Sampang

  • Wahyu Amirulloh Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Berdasarkan pengalaman pada saat Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) serta observasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sampang, proses pembelajaran masih memakai model pembelajaran konvensional, sehingga minimnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, dimana pembelajaran lebih didominasi oleh keterlibatan guru. Oleh karena itu, pendidikan siswa terhadap proses pembelajaran rendah, perihal tersebut mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa yang masih rendah dengan ditunjukkan nilai siswa dibawah KKM ialah 68% serta kegiatan belajar partisipan didik yang kurang aktif serta cenderung pasif. Berdasarkan pada permasalahan tersebut dikembangkan sesuatu model pendidikan yang bertujuan buat tingkatkan mutu proses pendidikan ialah dengan mengaplikasikan model pendidikan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas( PTK) yang memakai 2 siklus dengan subjek riset kelas XI TKR 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sampang tahun ajaran 2020 / 2021 yang berjumlah 36 partisipan didik. Pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) kompetensi dasar yang di ajarkan merupakan menguasai pemeliharaan system utama engine dan mekanisme katup yang dicoba dalam 2 siklus yang masing- masing siklus ada sesi perencanaan, penerapan, pengamatan, serta refleksi. Metode pengumpulan informasi yang digunakan merupakan observasi serta uji yang diaplikasikan dalam bentuk penelitian. Hasil menampilkan kalau hasil belajar peserta didik bertambah dari siklus I ke siklus II, dimana siklus I adalah 61% serta siklus II dengan hasil 86%.

Kata Kunci: Problem Based Learning, aktivitas siswa, hasil belajar siswa.

References

1. Almuqsithu, Asy Syahiidu dan Arsana, I Made. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran TDO Kelas X Di SMK Dharma Bahari Surabaya. JPTM. Volume 06 Nomor 01 Tahun 2017, 191-196.
2. Arsana, I Made, Susila, I Wayan, Hidayatullah, Rachmad Syarif, dan Ariyanto, Sudirman Rizki. 2019 Implementation of Troubleshooting Teaching Method to Develop Student’s Competency in Conducting Motorcycle Tune-up International Conference on Education, Science and Technology 2019 IOP Publishing Journal of Physics: Conference Series 1387 (2019) 012096 doi:10.1088/1742-6596/1387/1/012096
3. Asnur. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-2 SMA N Konsel Pada Materi Pokok Hidrosfer Dan Dampaknya Kehidupan. Kendari: Universitas Halu Oleo
4. Baskoro Pandu Y, Leonardus. 2013. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Komputer (KK6) Di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
5. Khoiriah, Henny Nur Lailli dan Arsana, I Made. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM Pada Kompetensi Besaran & Satuan Di SMK Dharma Bahari Surabaya. JPTM. Volume 6 Nomor 2 Tahun 2017, 81-88.
6. Khoiriyah, Afifatul. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas XI TKJ Di SMK Negeri 1 Sine. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
7. Kurnianto, Bagus dan Arsana, I Made. 2020 Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Critical Thingking Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X Tkr 1 Dismkn 3 Boyolangu Tulungagung
8. Priyasudana, Danang dan Cholik, Mochamad. 2016 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Boyolangu, Tulungagung. JPTM. Volume 04 Nomor 03 Tahun 2016, 34-42
9. Romadhani, M.Misbakhur dan Arsana, I Made. 2016. Penerapan Metode Belajar Kooperatif Jigsaw Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kompetensi Memahami Sitem Rem Konvesional Siswa Kelas XI TSM Di SMK Siang Surabaya. JPTM, Vol. 05, No. 01, pp. 100-103.
10. Rosihan, Mohammad Jusuf dan Arsana, I Made. 2018 Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script (Cs) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi TDO Kelas X TKR2 Di SMK Negeri 1 Kalianget. JPTM. Volume 06 Nomor 03 Tahun 2018, 59-64
11. Septianggraini, Dinda Hasna dan Dewanto. 2019 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM 2 Pada Mata Pelajaran DPTM Di SMK Dharma Bahari Surabaya. JPTM. Volume 08 Nomor 02 Tahun 2019, 37-43
12. Wibisono, Hanif Gunawan dan Arsana, I Made. 2016 Penerapan Modul Radiator Trainer Berbasis Pendekatan Scientific Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Kuliah Perpindahan Panas Mahasiswa S1 Teknik Mesin B Unesa. JPTM. Volume 05 Nomor 02 Tahun 2016, 119-123
13. Yusuf, Ahmad dan Arsana, I Made.2018 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X TKR 1 Di Smk Negeri 1 Mojokerto JPTM. Volume 07 Nomer 02 Tahun 2018, 35-40
Published
2022-01-08
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 224
PDF Downloads: 162