EVALUASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING ERA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Salsabila Mega Firthriyah Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pandemi covid-19 berdampak bagi semua orang di dunia khususnya pada bidang pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terkena dampak dalam merasakan ketidakoptimalan proses belajar mengajar. Penerapan pembelajaran blended learning dalam kondisi saat ini sangat menunjang dan dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam proses Kegiatan Belejar Mengajar (KBM). Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi proses pembelajaran blended learning pada era pandemic yang diterapkan di SMK Negeri 2 Surabaya.

Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan sebanyak 10 responden yang meliputi guru dan siswa serta dalam studi ini menggunakan model responsif Stake. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data yang diperoleh meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ kesimpulan.

Hasil studi evaluasi penelitian ini akan didapatkan gambaran efektifitas pembelajaran blended learning di SMK Negeri 2 Surabaya yang diharapkan bisa menjadi perbaikan di masa mendatang.

Kata Kunci: Evaluasi pembelajaran, blended learning, pandemic covid-19, kualitatif.

References

1. Arifin, Zainal. (2011). “Evaluasi pembelajaran”. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
2. Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855-866.
3. Ansori, M. (2018). Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Group (WAG). Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 120-134.
4. Arsana, I. M. (2019). Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Sebagai Pilar Perlindungan Hak Anak Di Usia Sekolah. Jurnal FIlsafat Indonesia, 2(3), 137-143.
5. Arsana, I M, Susila, I. W., Hidayatullah, R. S., & Ariyanto, S. R. (2019). Implementation of Troubleshooting Teaching Method to Develop Student’s Competency in Conducting Motorcycle Tune-up. Journal of Physics: Conference Series, 1387, 1–7.
6. Assiddiqi, Dimas Ruri (2021). "Peluang Menurunnya Capaian Hasil Belajar (Learning Loss) Dan Alternatif Solusinya: Kajian Kasus Pembelajaran Online Di Era Pandemi Covid-19 Di Jurusan Teknik Mesin Unesa."
7. Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
8. Catlin R.Tucker, (2012). Blended Learning in Grades 4–12. London
9. Daryanto, (2010) Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
10. Dwi Meilinda, Rizkika (2021) . "Analisis Pembelajaran Blended Learning di SDN 2 Ngadirenggi Kecamatan Progalan Kabupaten Trenggalek". Universitas Muhammadiyah Malang
11. Elistanto, R., & Mahmudah, F. (2020). Evaluasi Efektivitas Manajemen Pembelajaran Guru Produktif Otomotif SMK. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1), 102-115.
12. Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159-181.
13. Idris, H. (2018). Pembelajaran model blended learning. Jurnal Ilmiah Iqra', 5(1). Catlin R.Tucker, (2012). Blended Learning in Grades 4–12. London
14. Indriani, T. M., Fathoni, T., & Riyana, C. (2018). Implementasi blended learning dalam program pendidikan jarak jauh pada jenjang pendidikan menengah kejuruan. Educational Technologia, 2(2), 129-139.
15. Khoiriyyah, S. B., & Arsana, I. M. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Starter Mobil Pada Mata Pelajaran Sistem Starter Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMKN 1 Jatirejo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(03).
16. Mardiah, M., & Syarifudin, S. Model-Model Evaluasi Pendidikan. Mitra Ash-Shibyan, 2(1), 38-50.
17. Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 180-187.
18. Ratnasari, D., & Arsana, I. M. (2013). Penanaman Sikap Sopan Santun Sebagai Pendidikan Moral Kepada Siswa Melalui Tata Tertib Sekolah di SMK PGRI 2 Kertosono. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 333-347.
19. Rizaldy,Moch (2021). “Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Di SMK Negeri 2 Kabupaten Gowa”. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Jurusan Teknik Informatika Dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
20. Rosihan, M. J., & Arsana, I. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script (Cs) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi TDO Kelas X Tkr2 Di Smk Negeri 1 Kalianget. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(03), 59-64.
21. Rosyadi, A., & Arsana, I. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ac Mobil Pada Siswa Kelas XI TKR 1 Di Smkn 1 Arosbaya Bangkalan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(3).
22. Setiawan, A., & Arsana, I. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Video Tutorial untuk meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis Dan Pemindah Tenaga Kelas XI TKR 2 di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2).
23. Suci, Rahmanda (2021). “ Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19 Pada kelas II A di SDN 3 Negara Ratu Natar Lampung Selatan ”.
24. Soeryanto, Arsana, I. M., Warju, & Ariyanto, S. R. (2020). Implementation of Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Higher Education. Proceedings of the 3rd International Conference on Social Sciences (ICSS 2020), 473, 632–636.
25. Soeryanto, Arsana, I. M., Hidayatullah, R. S., & Ariyanto, S. R. (2020). Analysis of HOTS Type Multiplechoice Test Items on Learning Automotive Electrical Systems in SMK Dharma Bahari Surabaya. Journal of Physics: Conference Series, 1569, 1–8.
26. Slamet (2017), ”Pembelajaran bahasa Dan Sastra Indonesia di Kela Rendah danKelas Tinggi Sekolah Dasar”. Penerbit dan Pencetakan UNS, ,h.58
27. Thabroni, Gamal. (2021). “Evaluasi Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dsb”. https://serupa.id/evaluasi-pembelajaran/ . diakses pada 28 Oktober 2021 pukul 17.30
Published
2022-06-24
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 272
PDF Downloads: 153