EVALUASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING ERA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Penulis

  • Salsabila Mega Firthriyah Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Evaluasi pembelajaran, blended learning, pandemic covid-19, kualitatif

Abstrak

Abstrak

Pandemi covid-19 berdampak bagi semua orang di dunia khususnya pada bidang pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terkena dampak dalam merasakan ketidakoptimalan proses belajar mengajar. Penerapan pembelajaran blended learning dalam kondisi saat ini sangat menunjang dan dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam proses Kegiatan Belejar Mengajar (KBM). Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi proses pembelajaran blended learning pada era pandemic yang diterapkan di SMK Negeri 2 Surabaya.

Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan sebanyak 10 responden yang meliputi guru dan siswa serta dalam studi ini menggunakan model responsif Stake. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data yang diperoleh meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ kesimpulan.

Hasil studi evaluasi penelitian ini akan didapatkan gambaran efektifitas pembelajaran blended learning di SMK Negeri 2 Surabaya yang diharapkan bisa menjadi perbaikan di masa mendatang.

Kata Kunci: Evaluasi pembelajaran, blended learning, pandemic covid-19, kualitatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 301 , PDF Downloads: 179