KESIAPAN DAN UPAYA SMK DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN GRESIK

  • Fajar Achmad Batin Universitas Negeri Surabaya
  • Soeryanto Soeryanto Soeryanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kesiapan, upaya, SMK, pengembangan, instrumen penelitian

Abstract

Abstrak

Interaksi antara siswa dan guru dalam tujuan untuk menuntut ilmu, mencapai keberhasilan siswa dalam mengembangkan kemampuan diri sebagai pondasi untuk kehidupan di masa depan serta mewujudkan cita-cita negara. Namun, akibat pandemi covid 19, interaksi antara guru dan peserta didik yang biasanya dilakukan secara berinteraksi dan berkumpul di dalam kelas, harus dilakukan secara metode lain yakni daring atau online. Penelitian dengan tujuan untuk menganalisis kondisi sekolah dalam menghadapi pembelajaran daring mulai banyak dilakukan. Dalam melakukan sebuah penelitian, instrumen penelitian yang berfungsi sebagai alat pengumpul data menjadi bagian penting untuk mendapatkan data yang valid. Jika instrumen penelitian yang dikembangkan masuk kategori tidak valid maka data yang dikumpulkan akan menjadi tidak sesuai dengan harapan yang ingin dicapai oleh peneliti. Penelitian ini berpegang pada tujuan untuk mengembangkan instrumen penelitian yang valid untuk mengumpulkan data penelitian berkaitan dengan kesiapan dan upaya SMK dalam menghadapi pembelajaran daring di Kabupaten Gresik. Penelitian ini masuk dalam kategori jenis penelitian pengembangan. Instrumen angket yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator untuk mendapatkan dan mengetahui validitas instrumen yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkan instrumen angket guru dan siswa untuk digunakan dalam mengumpulkan data tentang kesiapan SMK dalam menghadapi pembelajaran daring di Kabupaten Gresik. Validitas instrumen angket mendapatkan skor 3,4 dengan kategori sangat valid.

Kata Kunci: Kesiapan, upaya, SMK, pengembangan, instrumen penelitian.

References

Abhi Purwoko, A., Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Nudia Fitri, Z., Pariza, D., & Burhanuddin. (2021). Validitas instrumen dalam rangka pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Prosiding SAINTEK Universitas Mataram, 3(0), 94–102. http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingsaintek/article/view/271
2. Aminullah, A., Ikram, I., Chandra, F., Fitriani, N., Wasna, W., Misna, M., & Elihami, E. (2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandami Covid 19 (Studi Pelaksanaan PLP Dasar). Maspul Journal of Community Empowerment, 3(01), 21–26.
3. Audhiha, M., Vebrianto, R., Habibi, M., Febliza, A., & Afdal, Z. (2022). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(2), 18–19.
4. Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
5. Hayati, S., & Lailatussaadah. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 16(2), 169–179.
6. Iqbal, M., & Sari, F. S. (2022). Dampak Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam IAIN Ponorogo. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(1), 101–110. http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingsaintek/article/view/271
7. Jamaludin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Karya Tulis Ilmiah Lembaga Penelitian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
8. Krishna, L. F. P. (2022). Gambaran Kejenuhan Belajar Terhadapa Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mahasiswa Akademi Keperawatan Pasar Rebo Jakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 6(1), 7–18.
9. Linda, R. F. C., & Ngazizah, N. (2021). Kompetensi Guru terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 57. https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.479
10. Nggema, A. R., Indrawan, I. P. E., & Anggreni, N. L. P. Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19 Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp Santo Yoseph Denpasar. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 241–265.
11. Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Published
2022-07-04
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 27