PENGEMBANGAN MODUL INFRARED THERMOGRAPHY UNTUK MENUNJANG PRAKTIKUM PERKULIAHAN PERPINDAHAN PANAS MAHASISWA TEKNIK MESIN UNESA

  • Sandy Dharma Putra Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan selalu berjalan berdampingan dengan perkembangan teknologi yang ada. Perkembangan teknologi yang pesat seakan-akan mendongkrak perkembangan pendidikan untuk kearah yang lebih baik dari sebelumnya, karena mempelajari segala perkembangan teknologi yang dibutuhkan adalah pendidikan yang mumpuni untuk membantu sumber daya manusia agar lebih kompeten dalam mengikuti perkembangan teknologi dan industri. Jurusan Teknik Mesin FT UNESA memiliki kamera Infrared Thermography yang ditemukan adanya kendala dalam pelaksanaan praktikum dengan mahasiswa dikarenakan belum adanya modul praktikum, peneliti bertujuan untuk menghasilkan modul praktikum Infrared Thermography yang layak dengan validasi oleh dosen ahli dan mengetahui respon mahasiswa pada modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu: Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian ini mendapatkan nilai rerata untuk kelayakan modul oleh para ahli sebesar 3,36 dan nilai respon pada angket mahasiswa mendapatkan rerata sebesar 3,48 seluruh nilai ini masuk dalam kategori yang sangat layak sehingga seluruh isi modul Infarared Thermography yang dikembangkan telah sesuai dengan tatanan modul yang benar dan sesuai dengan kebutuhan bahan ajar untuk mahasiswa.

Kata Kunci: Modul Praktikum, Model Pengembangan ADDIE, Kelayakan Modul, Respon.              

References

Apriliasari, Agysta Yoso dan Arsana, I. Made. 2016. Pengembangan Modul Oil Cooler Trainer Untuk Menunjang Perkuliahan Perpindahan Panas mahasiswa D3 Teknik Mesin UNESA. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Ariyanto, Sudirman Rizky dan Arsana, I. Made. 2016. Pengembangan Modul Radiator Trainer Sebagai Penunjang Mata Kuliah Perpindahan Panas Mahasiswa d-iii Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Arsana, I, Made. 2016. Modelling Of Ther Single Stagged Wire And Tube Heat Exchanger. International Journal of Applied Engginering Research ISSN 0973-45546 Volume 11, Number 8 (2016) pp 5591-5599
Eswanto, Adi Duwi dan Arsana I. Made. 2021. Pengembangan Modul Instalasi Bio Etanol Untuk Menunjang Praktikum perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa Teknik Mesin Unesa. JPTM, Volume 10 Nomor 02 Tahun 2021, 33-38
Huda dan Arsana. 2013. dengan judul penelitian ‘‘Pengembangan Modul Pembelajaran Thermal Radiation Untuk Menunjang Perkuliahan Perpindahan Panas Mahasiswa D3 Teknik Mesin FT UNESA‘‘. JPTM, Volume 02 Nomor 01 Tahun 2013, 15-23
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Setio, Mochammad Huda Mei dan Utama, Firman Yasa. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Automotive Painting Process Pada Mata Kuliah Teknologi Pengecatan Kendaraan Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Otomotif Unesa. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Surya, Darma. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Widyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Published
2022-11-14
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 60