PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA KELAS X TKR 4 DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Hamdan Asyhari Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Studi ini dimaksudkan guna melihat kenaikan tingkat kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas X TKR 4 di SMK Negeri 7 Surabaya melalui pengimplementasian model Project Based Learning. Tipe studi ini termasuk pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilangsungkan melalui 2 siklus. Target dari studi ini ialah 37 siswa kelas X TKR 4. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengamati perilaku peserta didik saat proses pembelajaran, lembar observasi kolaborasi siswa untuk menaksir kemampuan kolaborasi, tes output belajar guna menaksir peningkatan hasil belajar, dokumentasi sebagai pendukung dan penguat data hasil observasi. Pengimplementasian model ini berhasil meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan kemampuan kolaborasi ditunjukkan dengan rata-rata presentase kolaborasi siswa. Pada tahap pra-siklus rerata kemampuan kolaborasi siswa 54,47%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I 59,67% dan pada siklus II menjadi 78,49%. Kenaikan hasil belajar siswa diindikasikan melalui naiknya nilai rerata kelas. Pada siklus I nilai rata-ratanya 73,90 dengan presentase ketuntasan 67%, dan pada siklus II dijumpainya kenaikan nilai rerata hasil belajar menjadi 82,52 dengan presentase ketuntasan mencapai 97%.

Kata Kunci: Project Based Learning, PTK, Kolaborasi, Hasil Belajar

References

Ana, Sunarsih, & Rohaeni, N. (2013). Pengembangan Tugas Akhir Melalui Project Based Learning Model Untuk Meningkatkan Generic Green Skills Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21.
2. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
3. Ariyanto, S. R., Arsana, I. M., & Ulum, R. (2019). Pengembangan Modul Radiator Trainer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNESA. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, Vol 4, No 2. 83–92. https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i2.27387
4. Doppelt, Y. (2003). Implementation and Assessment of Project-Based Learning in a Flexible Environment. International Journal of Technology and Design Education, 13(3), 255–272. https://doi.org/10.1023/A:1026125427344
5. Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
6. Fiktoyana, I. N. H., Arsa, I. P. S., & Adiarta, A. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7. https://doi.org/doi.org/10.23887/jjpte.v7i3.20858
7. Hidayat, A. A., & Arsana, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemeliharaan Alat Ukur Pada Siswa Kelas X TKR 1 di SMK Negeri 3 Surabaya. JPTM: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Volume 06 Nomor 01, 68-76.
8. Jalmo, T., Fitriyani, D., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(3).
9. Khoiriah, H. N. L., & Arsana, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM Pada Kompetensi Besaran & Satuan di SMK Dharma Bahari Surabaya. JPTM. Volume 10 Nomor 01, 62-71.
10. Kumalaretna, W. N. D., & Mulyono. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6 (2), 195–205.
11. Masruroh, L., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Melalui Pendekatan Science Education for Sustainability dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 179–188. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.171
12. Meilinawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Skripsi.
13. Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836
14. Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263
15. Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275
16. Subagyo, C. A., & Arsana, I. M. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. JPTM: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Volume 10 Nomor 02, 82-90.
17. Yusuf, A., & Arsana, I. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif (TDO) Pada Siswa Kelas X TKR 1 di SMK Negeri 1 Mojokerto. JPTM: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Volume 07 Nomor 02, 35-40.
Published
2023-01-06
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 465
PDF Downloads: 253