PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF SISWA KELAS X TKR 4 DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

Authors

  • Hamdan Asyhari Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Project Based Learning, PTK, Kolaborasi, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Studi ini dimaksudkan guna melihat kenaikan tingkat kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas X TKR 4 di SMK Negeri 7 Surabaya melalui pengimplementasian model Project Based Learning. Tipe studi ini termasuk pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilangsungkan melalui 2 siklus. Target dari studi ini ialah 37 siswa kelas X TKR 4. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengamati perilaku peserta didik saat proses pembelajaran, lembar observasi kolaborasi siswa untuk menaksir kemampuan kolaborasi, tes output belajar guna menaksir peningkatan hasil belajar, dokumentasi sebagai pendukung dan penguat data hasil observasi. Pengimplementasian model ini berhasil meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan kemampuan kolaborasi ditunjukkan dengan rata-rata presentase kolaborasi siswa. Pada tahap pra-siklus rerata kemampuan kolaborasi siswa 54,47%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I 59,67% dan pada siklus II menjadi 78,49%. Kenaikan hasil belajar siswa diindikasikan melalui naiknya nilai rerata kelas. Pada siklus I nilai rata-ratanya 73,90 dengan presentase ketuntasan 67%, dan pada siklus II dijumpainya kenaikan nilai rerata hasil belajar menjadi 82,52 dengan presentase ketuntasan mencapai 97%.

Kata Kunci: Project Based Learning, PTK, Kolaborasi, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-01-06

Issue

Section

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 837 , PDF Downloads: 635