PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • gigih adi prasaja Universitas Negeri Surabaya
  • grummy wailanduw Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Riset ini dimaksudkan guna mengidentifikasi ada tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Ngasem Kediri melalui metode Quasi Experimental dengan desain Pretest Postest Control. Pengambilan sampel melalui purposive sampel dengan masing-masing kelas kontrol maupun eksperimen sebanyak 34 siswa. Instrumen tes yang digunakan berupa pertanyaan isian dan pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah Annova One Way. Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung (30,92) > F tabel (3,99) yang artinya Ho ditolak. Selain itu rata-rata peningkatan nilai postest kelas kontrol 65,6 sedangkan untuk kelas eksperimen 84,8. Dengan demikian konklusinya yakni pembelajaran secara e-learning pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomatif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Disarankan agar sekolah mendukung pengembangan metode pembelajaran berbasis e-learning dengan memfasilitasi penggunaan internet sebagai sarana pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci: E-learning, Baterai, Hasil Belajar, Annova One Way

References

Anwar, K. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta.
2. Bakri, F., & Muliyati, D. (2017). Pengembangan Perangkat E-Learning Untuk Mata Kuliah Fisika Dasar II Menggunakan LMS Chamilo. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1). https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4868
3. Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
4. Fanny, A. M. (2019). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep IPS Lanjut. INVENTA, 3(1), 130–135. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1815
5. Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3.
6. Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan At-Ta’lim, 7 (1). https://doi.org/doi.org/10.36835/attalim.v7i1.426
7. Jogiyanto, H. (2006). Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
8. Muharto, & Arisandy, A. (2016). Metode Penelitian Sistem Informasi: Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
9. Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
10. Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: Erhaka Utama.
11. Sudjana. (1992). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
12. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
13. Taslim, T., Toresa, D., & Syahtriatna, S. (2017). Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 2(2), 182. https://doi.org/10.35314/isi.v2i2.205
Published
2023-01-11
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 65