PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
E-learning, Baterai, Hasil Belajar, Annova One WayAbstract
Abstrak
Riset ini dimaksudkan guna mengidentifikasi ada tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 1 Ngasem Kediri melalui metode Quasi Experimental dengan desain Pretest Postest Control. Pengambilan sampel melalui purposive sampel dengan masing-masing kelas kontrol maupun eksperimen sebanyak 34 siswa. Instrumen tes yang digunakan berupa pertanyaan isian dan pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah Annova One Way. Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung (30,92) > F tabel (3,99) yang artinya Ho ditolak. Selain itu rata-rata peningkatan nilai postest kelas kontrol 65,6 sedangkan untuk kelas eksperimen 84,8. Dengan demikian konklusinya yakni pembelajaran secara e-learning pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomatif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Disarankan agar sekolah mendukung pengembangan metode pembelajaran berbasis e-learning dengan memfasilitasi penggunaan internet sebagai sarana pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: E-learning, Baterai, Hasil Belajar, Annova One Way
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

