MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN

  • Hanif Sobri Wicaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Indonesia

Abstract

The purpose of this research is to examine the effect of using video learning materials. The research method used is quasi-experimental method. The results of using basic video material for light vehicle engine maintenance in the experimental class showed an average increase in learning outcomes of 71.6% from the previous pretest average value of 54.3 to a posttest average value of 75.9. The results of the analysis of the mean test of the two scores in the experimental class obtained a significance level of the paired sample test of 0.000 so that it was concluded that there was a significant difference in the learning outcomes of the experimental class.

Keyword : media Learning, Learning Outcomes

References

Anitah, S. (2007). Strategi pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. reineka cipta.
Christine, D., Wijaya, J., Chandra, K., Pratiwi, M., Lubis, M. S., & Nasution, I. A. (2019). Pengaruh profitabilitas, leverage, total arus kas dan ukuran perusahaan terhadap financial distress pada perusahaan property dan real estate yang terdapat di bursa efek indonesia tahun 2014-2017. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 340–350.
Damayanti, E., Wasitohadi, W., & Sri Rahayu, T. (2018). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI KALIWUNGU 02 SEMESTER II. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1). https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.384
Deliza Oktavira, D., Awrus, S., & Hafiz, A. (2018). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Timpeh. Serupa The Journal of Art Education, 7(1).
Dewan Perwakilan Rakyat. (2002). Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji normalitas data omzet bulanan pelaku ekonomi mikro desa senggigi dengan menggunakan skewness dan kurtosi. Jurnal Varian, 2(1), 31–36.
Fhonna, S. N., Gani, A., & Nasir, M. (2021). DAMPAK MEDIA VIDEO BERBASIS POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN MATERI LARUTAN ASAM-BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.23887/jpk.v5i2.35166
Gunawan, D. (2020). PENGARUH MEDIA VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KELASA IV SD NEGERI 2 KARANGREJO TRENGGALEK. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1489
Hakim, I. C., Timan, S., & Siswanto, B. (2017). PEMANFAATAN VIDEO TUTORIAL DENGAN CAMTASIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK PADA SISWA KELAS X TGB B DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 1(2). https://doi.org/10.20961/ijcee.v1i2.18242
Herawati, H. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27–48.
Istiadah, F. N. (2020). Teori-teori belajar dalam pendidikan. Edu Publisher.
Jabidi, A., Slamet, A., & Khumaedi, M. (2017). Kompetensi Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Vocational and Career Education, 2(2).
Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201.
Maâ, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46.
Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan kelas: Upaya mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70.
MERENTEK, J. J. B., Maukar, D., & Sumarauw, H. (2022). HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF. GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 48–54.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172.
Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran.
Nisa, A. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–9.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Pemerintah Pusat. (2003). Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pusat, P. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pada BAB VII.
Rudyanto, H. E. (2016). Model discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01).
Sastrawan, K. B., & Suardipa, I. P. (2021). Pembelajaran Berkualitas Berbasis Nine Instructional Events Teori Belajar Gagne. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(2), 161–172.
Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02).
Siwi, F., & Puspaningtyas, N. D. (2020). PENERAPAN MEDIA PEMBEMBELAJARAN KOGNITIF DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS MENGGUNAKAN VIDEO DI ERA 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 7–10.
Soeprajogo, M. P., & Ratnaningsih, N. (2020). Perbandingan Dua Rata-Rata Uji-T. Pusat Mata Nasional. Rumah Sakit Mata CICENDO.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. alfabeta.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.
Widharyanto, B., & Prijowuntato, S. W. (2021). Menilai Peserta Didik. Sanata Dharma University Press.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Z Pasaribu, M., & Nainggolan, B. (2022). Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Sma pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(3). https://doi.org/10.36418/jiss.v3i3.561
Zaifani, M. A., & Rusiyanto, R. (2019). PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PENGOPERASIAN MESIN BUBUT. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 19(1).
Published
2023-03-28
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 48