Analisis Butir Soal Penilaian Tengah Semester Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 5 Surabaya Dengan Model Rasch

  • Ikhwa Nudin Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan merupakan unsur yang sangat penting dalam mengembangkan potensi diri setiap manusia. dalam dunia pendidikan, pembelajaran terdiri dari tiga tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Sesuai dengan pembelajaran abad 21, yaitu berpikir kritis, berpikir kreatif dan inovatif, dan keterampilan komunikasi serta keterampilan berkolaborasi. Maka, guru harus mengembangkan keterampilan siswa yang relevan dengan abad 21, salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Jadi dalam penerapannya dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pertanyaan-pertanyaan yang digunakan dalam ujian harus megandung pertanyaan HOTS (High Order Thinking Skill). Penelitian ini termasuk jenis penelitian expost facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan model Rasch. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal Penilaian Tengah Semester yang menganalisis indeks kesulitan, indeks daya beda, validitas dan reliabilitas dari butir soal yang diujikan yang bermanfaat untuk meningkatkan pengelolaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dan meningkatkan informasi tentang kemampuan siswa serta kualitas pertanyaan yang diberikan dengan model rasch. Dari analisis yang dilakukan dengan perangkat lunak winsteps 3.08.1 didapatkan bahwa instrumen butir soal pada Penilaian Tengah Semester Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan nilai logit person reliability sebesar 0.49 sedangkan item reliability nilai logit sebesar 0.94 dan nilai logit alpha cronbach sebesar 0.81. Sehingga instrumen butir soal dapat digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan.

References

1. Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. PT Asdi Mahasatya.
2. Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
3. Devi, M. Y., Hidayanthi, R., & Fitria, Y. (2022). Model-Model Evaluasi Pendidikan dan Model Sepuluh Langkah dalam Penilaian. Jurnal Basicedu, 6(1), 675–683. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1934
4. Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). ANALISIS KUALITAS SOAL KEMAMPUAN MEMBEDAKAN RANGKAIAN SERI DAN PARALEL MELALUI TEORI TES KLASIK DAN MODEL RASCH. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 11. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080
5. Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11
6. Fauziana, A., & Dessy Wulansari, A. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Harian di Sekolah Dasar dengan Model Rasch. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6, 10–19. https://doi.org/10.21154//ibriez.v6i1.112
7. Ibarra-Sáiz, M. S., Rodríguez-Gómez, G., & Boud, D. (2021). The quality of assessment tasks as a determinant of learning. Assessment & Evaluation in Higher Education, 46(6), 943–955. https://doi.org/10.1080/02602938.2020.1828268
8. Kalahatu, M. F. (2021). PERSEPSI PESERTA PELATIHAN DASAR TERHADAP PENGGUNAAN QUIZIZZ SEBAGAI METODE EVALUASI PEMBELAJARAN. Akademika, 10(01), 163–178. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1228
9. Li, T., Yeung, M., Li, E., & Leung, B. (2021). How formative are assessments for learning activities towards summative assessment? International Journal of Teaching and Education, 9(2), 42–57. https://doi.org/10.52950/TE.2021.9.2.004
10. Mauliandri, R., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Kesesuaian Alat Evaluasi Dengan Indikator Pencapaian Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Pada RPP Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 803–811. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.436
11. Muhammad, M., Widyaningrum, H. K., Masjid, A. Al, Komariah, K., & Sumarwati, S. (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru pada Masa Pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 109. https://doi.org/10.30651/st.v14i2.8262
12. Muhammad Santoso, A., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Inquiry dengan Pendekatan STEM Education terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 73–86. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.123
13. Rasmuin, R., & Luddin, S. (2022). Tingkat Kesulitan Soal Buatan Guru Bidang Studi Matematika Menurut Teori Tes Klasik pada Tingkat SMP di Kota Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 33–40. https://doi.org/10.55340/japm.v8i1.699
14. Riduwan. (2010). METODE DAN TEKNIK MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN. CV ALFABETA.
15. Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
16. Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-Langkah dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793
17. Sumintono, B. (2018). Rasch Model Measurements as Tools in Assesment for Learning. Proceedings of the 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017). https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.11
18. Syaodih, N. (2010). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. PT REMAJA ROSDAKARYA.
19. UTAMI, L. W. S. (2021). PENGGUNAAN GOOGLE FORM DALAM EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI C0VID-19. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150–156. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.453
20. Widhiarso, B. S. & W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan. Trim Komunikata.
21. Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–26. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.310
Published
2023-07-03
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 89