PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TPM DI SMKN 1 DRIYOREJO

  • Zeid Farhan Universitas Negeri Surabaya
  • Djoko Suwito Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TPM di SMK Negeri 1 Driyorejo. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan desain Nonequivalent Control Group Design (Control Group Pretest and Posttest Design). Sampel yang digunakan seluruh kelas X TPM dengan jumlah 100 siswa. Penelitian ini diawali dengan memberikan uji coba soal di sekolah yang sama dengan berbeda kelas yaitu kelas X TPM 3 yang terdiri dari 34 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa tes soal essay sebanyak 10 butir soal. Data yang di analisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Asym.sign 0,004. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TPM di SMK Negeri 1 Driyorejo.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar.

References

1. Guilford J.P., Benyamin Fruchter. 1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. 5th ed. Mc-Graw-Hill. Tokyo.
2. Pendidikan, S., Mesin, T., Teknik, F., Surabaya, U. N., Mesin, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2017). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN STANDAR KOMPETENSI MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI DI KELAS X SMK NEGERI KUDU JOMBANG Muharyono Hari Sayogo Yunus. 05, 84–90.
3. Rahim, B., & Adri, J. (2020). MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIKKELAS X JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 PADANG INFLUENCE OF USE OF LEARNING MODULETOWARDS LEARNING OUTCOMES PICTURE LEARNINGX CLASS MACHINE ENGINEERING DEPARTMENT IN VOCATIONAL HIGHSCHOOL 1 PADANG ( 2018 ) Menyatakan P. 2(1), 73–85.
4. Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886
5. Setyaningrum, N., Moch, K., Ag, S., & Pd, M. (2014).. Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Menulis Karangan Kelas V SDN Lidah Wetan IV Surabaya., vol 5.
6. Syofian Siregar. 2014. Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
7. Sosial, B. M., & Smp, K. V. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Rokan IV Koto Kab . Rokan Hulu Riau. 4(2), 261–266.
8. Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evalusi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
9. Suherman, Erman. dkk. 2003, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
10. Wiranda, A., & Johanes Wilfrid Pangihutan Purba. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Analisa Jabatan (Anjab) Yang Tepat Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Dinas Pariwisata Kota Pematangsiantar. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.36985/manajemen.v2i1.341
Published
2023-06-26
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 18