PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TPM DI SMKN 1 DRIYOREJO
Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TPM di SMK Negeri 1 Driyorejo. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan desain Nonequivalent Control Group Design (Control Group Pretest and Posttest Design). Sampel yang digunakan seluruh kelas X TPM dengan jumlah 100 siswa. Penelitian ini diawali dengan memberikan uji coba soal di sekolah yang sama dengan berbeda kelas yaitu kelas X TPM 3 yang terdiri dari 34 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa tes soal essay sebanyak 10 butir soal. Data yang di analisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Asym.sign 0,004. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TPM di SMK Negeri 1 Driyorejo.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

