PENERAPAN PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN VIDEO TIKTOK PADA KONSENTRASI KEAHLIAN KEJURUAN DI KELAS XI TKRO 2 SMKN 1 SIDOARJO

  • Sofiyur Rohman Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Metode ceramah adalah metode yang mudah dilakukan, namun, masih terdapat kekurangan yaitu
kesempatan siswa dalam melakukan diskusi berkurang dan juga proses pembelajaran bersifat monoton
sehingga siswa menjadi cepat bosan dan tidak tertarik mengikuti pembelajaran. Pemilihan video TikTok
sebagai media pembelajaran didasarkan pada kegemaran siswa dalam mengakses aplikasi tersebut baik
pada saat ataupun diluar jam pembelajaran. Ditambah lagi dengan dasar minat baca siswa yang rendah,
maka perlu adanya model yang berfokus pada siswa dan juga media pembelajaran yang lebih menarik dan
fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peningkatan hasil belajar-dari siswa melalui
diterapkannya video TikTok sebagai media pembelajaran.-Pada penelitian ini menerapkan penelitiantindakan-kelas (PTK) dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sedangkan desain
penelitiannya menerapkan-model Kemmis dan Mc. Taggart dengan bentuk urutan siklus. Dimana tiap
siklus terdiri-dari planning, action, observation,-reflection. Subyek penelitian ini yaitu kelas XI TKRO 2
dengan jumlah 37 siswa. Proses pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik-tes, angket,
wawancara,-dan dokumentasi, sehingga data yang dihasilkan berupa data primer. Dengan adanya penelitian
ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan-hasil belajar siswa setelah diterapkannya video TikTok
sebagai media pembelajaran yaitu dengan presentase sebesar 21,62% dari kondisi awal (prasiklus) ke siklus
I atau pada kondisi awal, dari 37 siswa hanya 8 siswa dinyatakan tuntas, setelah dilaksanakannya siklus I
terdapat 16 siswa yang dinyatakan tuntas. Sedangkan dari siklus-I ke-siklus II terdapat peningkatan sebesar
43,25% yaitu dari 16 siswa yang tuntas menjadi 32 siswa.

References

1. Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki
Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi
Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat
Indonesia, 3(3), 95–101.
2. Ananda, A. P., & Hudaidah. (2021). Perkembangan
Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa.
SINDANG-Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian
Sejarah, 3(2), 102–108. https://ojs.stkippgrilubuklinggau.ac.id/index.php/JS/article/view/1192
3. Azizah, L., Gunawan, J., Sinansari, P., & Sosial, A. M.
(2022). Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok
terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk
Kosmetik di Indonesia. 11(2).
4. Danuri. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (A. C (ed.);
I). Samudra Biru.
5. Firza, S. O., & dan Sesmiarni, Z. (2022). Perancangan
Media Pembelajaran Berbasis Tiktok pada Mata
Pelajaran TIK Di MTsN 2 Kota Payakumbuh. IRJE:
JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 588–598.
6. Fraticelli, L., Smentek, C., Tardivo, D., Masson, J., Roy, S.,
Dussart, C., Bourgeois, D., & Carrouel, F. (2021).
Characterizing the Content Related to Oral Health
Education on TikTok. International Journal of
Environmental Research and Public Health, 1–18.
7. Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). TOLIS
ILMIAH : JURNAL PENELITIAN TOLIS ILMIAH :
JURNAL PENELITIAN. 2(2), 140–147.
8. Kartini, Ketut Sepdyana dan Putra, I. N. T. A. (2020).
Respon Siswa terhadap Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal
Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19.
9. Khasanah, N. (2022). Penggunaan Media Tiktok dalam
Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Di SMPN 2
Gempol. Wawasan Pendidikan, 2(2), 316–325.
10. Maarif, S., & Maulana, A. (2020). Meningkatkan Aktifitas
dan Hasil bBelajar Matematika melalui Penerapan
Strategi Pembelajaran Beach Ball. SIGMA, 8, 94–101.
11. Mdk, H., & Herdia, T. P. (2022). Pengaruh Penggunaan
Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 4
Kota. 1(3), 307–312.
12. Mosquera, C. C. I. (2016). Facultad de ciencia y tecnología.
Google Academico, 111 pag.
https://dspace.uazuay.edu.ec/bitstream/datos/5726/1/1
2046.pdf
13. Mustofa, R. F. (2020). The Effect of Problem-Based
Learning on Lateral Thinking Skills. 13(1), 463–474.
14. Nurdian, G. (2022). Data Statistik TikTok 2022.
https://grahanurdian.com/statistik-tiktok-2022
15. Nuryama, R. (2022). Jumlah Pengguna TikTok Di Indonesia
Pada 2022. Indonesia News.
https://www.tinewss.com/indonesia-news/pr1853618010/jumlah-pengguna-tiktok-di-indonesiapada-2022
16. Nuur, D., & Mustiko, H. (n.d.). Anteseden dari Niat
Menggunakan TikTok : Studi Kasus Pada Muslim Gen
Z di Indonesia Antecedent of the Intention to Use
TikTok : A Case Study of Indonesian Gen Z Muslims.
45(1), 1–15.
17. Putri, Elsa dan Syafri, E. (2022). TikTok ; Media
Pembelajaran Alternatif dan Atraktif pada Pelajaran
PPKn Selama Pandemi di SMP Negeri 2 Mertoyudan.
January.
18. Sofiyana, M. S., & Dkk. (2022). Metodologi penelitian
pendidikan (M. P. Ariyanto (ed.); 1st ed.). PT.
GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
19. Suardana, M. (2020). Efektivitas Metode Diskusi terhadap
Peningkatan Hasil Belajar Agama Hindu. 4(2), 132–
144.
20. Subqi, I. (2021). Penggunaan Media Youtube dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Materi Zakat dan
Hikmahnya di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum.
Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan
Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 142–151.
21. Sutopo. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Agama Buddha
dengan Menggunakan Media Pembelajaran Youtube.
Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran),
5(November), 1760–1766.
22. Tan, O.-S. (2003). Problem-Based Learning Innovation :
using problems to power learning in the 21st century
(P. S. Lee (ed.)). Cengage Learning.
23. Winarno, M. E. (2018). Buku Metodologi Penelitian.
January.
24. Wirabumi, R., Pascasarjana, S., Ibn, U., & Bogor, K. (n.d.).
Etode embelajaran eramah. I(I), 105–113.
25. Witanto, J. (2018). Rendahnya Minat Baca Mata Kuliah
Manajemen Kurikulum. Jurnal Perpustakaan
Librarian, April.
https://www.researchgate.net/publication/324182095_
Rendahnya_Minat_Baca.
Published
2023-06-05
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 66