PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW  DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PDTM DI SMKN 13 SURABAYA 

  • Muhammad Ramadhon Universitas Negeri Surabaya
  • djoko suwito Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan Dasar Teknik Mesin (PDTM) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk program keahlian Teknik Permesinan Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Namun dengan pentingnya PDTM sebagai mata pelajaran wajib, proses pembelajaran yang efisien untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran menjadi fokus utama. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran Jigsaw menjadi salah satu solusi untuk mengatasi metode pembelajaran yang konvensional. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dimana dibagi menjadi dua siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 lebih berfokus pada memberikan pengenalan dan membangkitkan motivasi peserta didik. sedangkan siklus 2 berfokus pada proses pembelajaran inti. Guru melakukan kegiatan inti pembelajaran dan lebih mendalam dalam materi pelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa motivasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw mendapatkan hasil dalam kategori yang sangat baik dengan nilai 68%. Selain itu respon yang dihasilkan dari responden ketika proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PDTM memperoleh rata-rata 90%. Dari hasil belajar yang dilakukan pada siklus 1 mendapatkan sebesar 47% peningkatan, sedangkan untuk siklus 2 nilai siswa mendapatkan peningkatan 88%.

 

Kata Kunci: PDTM, Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas, SMK, Hasil belajar.

 

 

References

1. Dewi, P. A. R., Bawa, P. W., & Sugama, I. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dapat Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran Seni …. BATARIRUPA: Jurnal Pendidikan Seni, I, 50–55. https://doi.org/10.5281/zenodo.6294512
2. Falah, A. N. E., & Arsana, I. M. (2023). Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline Untuk Materi Perpindahan Panas Siswa Smk Negeri 1 Driyorejo. JPTM Unesa, 12(02), 20–24.
3. Falah, A. N. E., & Pramono, A. (2023). Development Of Learning Modules On The Basic Materials Of Autocad 3d Drawing For Class Xii TPM At SMKN 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 23(1), 32–36.
4. Giyarsih, G. (2021). Peningkatan Motivasi Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Matematika SMK melalui Workshop. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 169–175. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.190
5. Inneke Kusuma Devi, A. A. A. (2017). Cooperative Learning With Jigsaw Method On Nutrition Science At Class X Of SMK Ma ’ Arif Borobudur. Mmc, 2–10.
6. Jaya Prakasa, F., & Soeryanto. (2021). Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Sekolah Menengah Kejuruan. 4678, 19–24.
7. Nursyidah, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 4(2), 146–162. https://doi.org/10.47766/idarah.v4i2.1039
8. Rosiyanti, H., & Farahdiba, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Statistika SMA Kelas XII Menggunakan Articulate Storyline. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 169. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5905
9. Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
10. Susilowati, D. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.
11. Wahyuni, I. S. (2022). Penelitian Tindakan Kelas di SMK Negeri 1 Surabaya dengan Menggunakan Pendekatan Think-Pair-Share: Materi Matriks pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(3), 160–174. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n3.p160-174
Published
2023-11-13
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 3