Array
Kata Kunci:
PDTM, Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas, SMK, Hasil belajarAbstrak
Abstrak
Pendidikan Dasar Teknik Mesin (PDTM) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk program keahlian Teknik Permesinan Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Namun dengan pentingnya PDTM sebagai mata pelajaran wajib, proses pembelajaran yang efisien untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran menjadi fokus utama. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran Jigsaw menjadi salah satu solusi untuk mengatasi metode pembelajaran yang konvensional. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dimana dibagi menjadi dua siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 lebih berfokus pada memberikan pengenalan dan membangkitkan motivasi peserta didik. sedangkan siklus 2 berfokus pada proses pembelajaran inti. Guru melakukan kegiatan inti pembelajaran dan lebih mendalam dalam materi pelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa motivasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw mendapatkan hasil dalam kategori yang sangat baik dengan nilai 68%. Selain itu respon yang dihasilkan dari responden ketika proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PDTM memperoleh rata-rata 90%. Dari hasil belajar yang dilakukan pada siklus 1 mendapatkan sebesar 47% peningkatan, sedangkan untuk siklus 2 nilai siswa mendapatkan peningkatan 88%.
Kata Kunci: PDTM, Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas, SMK, Hasil belajar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 91
,
PDF Downloads: 23