PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS DIFERENSIASI MERDEKA BELAJAR DI SMKN 1 JABON

  • MOCHAMMAD HILDAD AJIBAN Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatallah

Abstract

Pendidikan memungkinkan manusia memperoleh pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dapat meningkatkan dirinya. Oleh karena itu, pendidikan harus dirancang dengan baik untuk menghasilkan individu yang berkualitas, inovatif, kreatif, mandiri dan mampu bersaing. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas hasil pendidikan adalah penerapan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan preferensi belajar siswa. Model pembelajaran Discovery Learning terintegrasi dengan pendekatan diferensiasi merupakan salah satu rencana yang tepat untuk diterapkan di kelas yang menerapkan kurikulum pembelajaran mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terintegrasi dengan pendekatan diferensiasi pada kelas XI TKRO 2 SMKN 1 Jabon yang menerapkan kurikulum pembelajaran mandiri. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi-Experimental Nonequivalent (Pre-test dan Post-test) Control-Group Design. Sampel penelitian ini adalah 32 siswa XI TKRO 2 dan 32 siswa TKRO 1 di SMK Negeri 1 Jabon sebagai sekolah yang mengedepankan kemandirian belajar. Pengumpulan data berupa tes tertulis dengan model pilihan ganda sebanyak 25 soal yang diterapkan pada pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dalam bentuk analisis deskriptif-kuantitatif yang meliputi: uji normalitas, uji homogenitas, uji t sampel berpasangan, dan uji normalitas gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning terintegrasi dengan pendekatan diferensiasi pada kelas pembelajaran mandiri di SMKN 1 Jabon mengalami peningkatan yang signifikan dilihat dari nilai signifikansi uji sampel berpasangan sebesar 0,000.

Kata Kunci: Diferensiasi, Discovery Learning, Pendidikan, Pengaruh. 

References

Akin, M. A., Riawana, P. and Muwaffiqah, N. (2023) “Model Pengembangan Strategi Manajemen Terhadap Peningkatan Manajemen Mutu Pendidikan Di SDN 9 Baru- Baru Tanga,” SAMMAJIVA : Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 1(1), pp. 14–24. doi: https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i1.115.
Amini, A. et al. (2023) “Pengaruh Ilmu Sosial terhadap Mutu Pendidikan Siswa,” Journal on Education, 5(3), pp. 9197–9205. doi: 10.31004/joe.v5i3.1725.
Arie Wibowo Khurniawan, S.Si., M. A. (2015) “SMK Dari Masa ke Masa,” Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pp. 7–11.
Ary, D. et al. (2009) Introduction to Research in Education. 8th Editio. Edited by D. Hays. WADSWORTH CENGAGE Learning.
Baro’ah, S. et al. (2023) Kurikulum Merdeka: Inovasi Kurikulum Di Indonesia, Tahta Media Group. Available at: https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/39%0Ahttps://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/download/39/40.
Brilianti, N. L. et al. (2023) “AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies Implementasi Program Sekolah Pencetak Wirausaha ( SPW ) Dalam Mengembangkan Minat Berwirausaha Siswa Di SMKN 1 Majalaya,” AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(2), pp. 340–352. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.558..Implementation.
Creswell, J. W. (2009) Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Appriaches. Third Edit, Muqarnas. Third Edit. doi: 10.1163/22118993-90000268.
Hardivizon, H. and Anrial, A. (2016) “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa,” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 1(1), p. 67. doi: 10.29240/jf.v1i1.65.
Kaaba, S. et al. (2023) “Evaluasi Praktek Kerja Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Se Kota Gorontalo,” NNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), pp. 6447–6455. doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1127.
Kadarisman, M. (2017) “Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Era Persaingan Global,” Sociae Polites, pp. 3–20. doi: 10.33541/sp.v1i1.459.
Kustati, M. and Sepriyanti, N. (2023) “Discovery / Inquiry Learning Dalam Pembelajaran PAI,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2). doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1528.
Malisi, A. S. (2017) “Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Era Mea,” Transformatif, 1(1), p. 1. doi: 10.23971/tf.v1i1.656.
Nur, A. (2022) “Kapitalisme Pendidikan dan Reinventing Paradigma Pendidikan Indonesia,” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 3(1), pp. 69–84. doi: 10.55623/au.v3i1.94.
Panjaitan, M. et al. (2022) “Persepsi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Trilogi Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” Islamic Banking : Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2), pp. 351–362. doi: 10.36908/isbank.v7i2.394.
Presiden Republik Indonesia (1990) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah, Indonesia Government.
Presiden Republik Indonesia (2003) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Indonesia Government. Available at: bisnis ritel - ekonomi.
Putranto, A. T., Rismayani, N. L. and Nuriestiati, N. P. (2023) “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berdiferensiasi pada Mapel PKK,” Cendikia Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Pengajaran, 1(1), pp. 33–42. doi: https://doi.org/10.572349/cendikia.v1i2.234.
Saputri, F. and Mudinillah, A. (2022) “Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Di Sd 03 Koto Pulai,” Jurnal Teknodik, 26, pp. 183–198. doi: 10.32550/teknodik.vi.876.
Sari, N. A. and Ginting, M. T. H. (2023) “Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya,” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), pp. 141–152.
Sihombing, P. R. et al. (2022) “Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas dan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan di Indonesia di Masa Pandemi 2020,” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(3), pp. 52–60. doi: 10.55606/khatulistiwa.v2i3.384.
Supriadi, Maulana, F. and Ustafiano, B. (2022) “Development of the Automotive Fundamentals Subject Module with the Discovery Learning Model through a Scientific Approach Pengembangan Modul Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif Model Discovery Learning Melalui Pendekatan Scientific,” AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 3(2), pp. 123–130. doi: https://doi.org/10.24036/aeej.v3i2.148.
Svinicki, M. D. (1998) “A Theoreticial Foundation For Discovery learning,” AJP CENTENNIAL, 20(1), pp. 4–7.
Tasu’ah, Priono Leksono, I. and Danu R, R. (2022) “Pengaruh Metode Pembelajaran Visual Storytelling Versus Metode Pembelajaran Sq3r Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas 3 SDN Anggaswangi 1 dan SDN Anggaswangi 2 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2021/2022,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), pp. 1349–1358. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13933.
Tyng, C. M. et al. (2017) “The influences of emotion on learning and memory,” Frontiers in Psychology, 8(AUG). doi: 10.3389/fpsyg.2017.01454.
UNESCO (2015) EFA Global Monitoring Report 2015.
Wahab, A., Junaedi, J. and Azhar, M. (2021) “Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI,” Jurnal Basicedu, 5(2), pp. 1039–1045. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.845.
Widianti, F. D. (2022) “Dampak Globalisasi Di Negara Indonesia,” Jurnal Inovasi Sektor Publik, 2(1), pp. 73–95. Available at: http://jurnal.uwp.ac.id/fisip/index.php/jisp/article/view/122/50.
Yensy, N. A. (2020) “Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19),” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), pp. 65–74. Available at: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.
Published
2024-02-23
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 16