PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA KELAS DIFERENSIASI MERDEKA BELAJAR DI SMKN 1 JABON
Kata Kunci:
Diferensiasi, Discovery Learning, Pendidikan, PengaruhAbstrak
Pendidikan memungkinkan orang untuk memperoleh pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dapat meningkatkan diri mereka sendiri. Oleh karena itu, pendidikan harus dirancang dengan baik untuk menghasilkan individu yang berkualitas, inovatif, kreatif, mandiri, dan mampu bersaing. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas hasil pendidikan adalah dengan penerapan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan preferensi belajar peserta didik. Model pembelajaran penemuan pembelajaran terintegrasi pendekatan diferensiasi adalah salah satu rencana yang tepat untuk diterapkan pada kelas yang menerapkan kurikulum merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terintegrasi pendekatan diferensiasi pada kelas XI TKRO 2 SMKN 1 Jabon yang menerapkan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode Quasi-Experimental desain Nonequivalent (Pre-test and Post-test) Control-Group Design . Sampel penelitian ini adalah 32 siswa XI TKRO 2 dan 32 siswa TKRO 1 di SMK Negeri 1 Jabon sebagai sekolah penggerak merdeka belajar. Pengumpulan data berupa tes tulis dengan model pilihan ganda sebanyak 25 butir soal yang diterapkan pada pretest dan posttest . Analisis data dilakukan dalam bentuk analisis deskriptif-kuantitatif meliputi: uji normalitas, uji homogenitas, uji berpasangan sampel t-test , dan uji normality gain score . Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning terintegrasi pendekatan diferensiasi pada kelas merdeka belajar SMKN 1 jabon memiliki peningkatan yang signifikan dilihat dari nilai signifikansi pengujian sampel berpasangan sebesar 0,000.
Kata Kunci: Diferensiasi, Discovery Learning , Pendidikan, Pengaruh.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

