PENGARUH PENGGUNAAN MULTITESTER BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA GEN Z DI SEKOLAH KEJURUAN

Authors

  • Masyrofi Nazi Fuadi Universitas Negeri surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan

Keywords:

Kata kunci: Multitester, hasil belajar, one group pretest posttest

Abstract

Saat ini perkembangan media elektronik begitu pesat, salah satunya adalah smartphone android yang sangat mendominasi dalam kehidupan, bahkan tidak terlepas dalam aktivitas setiap individu termasuk dalam kegiatan belajar mengajar yang digunakan sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu media pembelajaran android akan lebih diminati siswa karena lebih mudah diakses.

Di SMK YPM 4 Taman  media pembelajaran khususnya alat ukur masih menggunakan media papan tulis dan lembar kertas. Metode tersebut dirasa sudah cukup lama digunakan sehingga minat belajar siswa kurang dan cenderung bosan. Dengan diterapkannya media pembelajaran multitester simulator nantinya proses pembelajaran akan terpusat kepada siswa. Sehingga siswa akan lebih berminat belajar karena termasuk hal baru bagi mereka.

Multitester simulator adalah aplikasi android yang dapat diunduh digoogle. Aplikasi tersebut memaparkan cara penggunaan multitester dan menampakkan hasil pengukuran yang dilakukan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran multitester berbasis aplikasi android. Metode penelitian menggunakan kuantitatif one group pretest dan posttest. hasil pengujian penelitian ini menunjukkan peningkatan sebesar 42,60%. Serta menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (17,227 > 2,032), maka Ha di terima yang menyatakan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran multitester berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Multitester, hasil belajar, one group pretest posttest

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-06

Issue

Section

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 35 , PDF Downloads: 68