PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULATOR MESIN BUBUT 1K62 TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA

  • Andika Cucut Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sudah sangat pesat salah satunya penerapan media pembelajaran sebagai penunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Seperti penggunaan simulator pada pembelajaran mata pelajaran pemesinan teknik mesin bubut yang diharap efisien karena fungsinya sama seperti aslinya. Simulator digunakan untuk menggambarkan suatu situasi yang mirip dengan situasi yang sebenarnya. Metode eksperimen yang digunakan adalah kuantitatif. Yang diharapkan dari penelitian ini yaitu penggunaan simulator pada proses belajar mengajar dapat berpengaruh dengan menghasilkan hasil belajar yang maksimal sesuai tujuan penelitian. Hasil penelitian dengan paired samples t test menunjukkan bahwa nilai sig. < 0,05. Maka, media simulator mesin bubut 1K62 berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal itu karena adanya keunggulan yang terdapat pada media simulator tersebut  yaitu memiliki kesamaan dengan mesin bubut sebenarnya, mulai dari bagian-bagian hingga cara kerja mesin bubut. Sehingga, media tersebut efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Simulator, Hasil Belajar, Respon.

References

Andrianis, R., Anwar, M., & Zulwisli, Z. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN WEB DINAMIS KELAS XI REKAYASA PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 2 PADANG PANJANG. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 6(1), 2016–2019. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v6i1.10425
Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2(1), 469–473.
Bloom. (2021). Taksonomi Bloom : Model Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Fahrizal, F., Suprapto, E., . P., & . B. (2022). Optimasi Parameter Pemesinan Untuk Minimasi Keausan Pahat Pada Pembubutan Baja Karbon Rendah. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 10(1), 10–19. https://doi.org/10.23887/jptm.v10i1.41418
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Jalaluddin Rakhmat. (1999). Psikologi Komunikasi.
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Bloom. (2021). Taksonomi Bloom : Model Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Fahrizal, F., Suprapto, E., . P., & . B. (2022). Optimasi Parameter Pemesinan Untuk Minimasi Keausan Pahat Pada Pembubutan Baja Karbon Rendah. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 10(1), 10–19. https://doi.org/10.23887/jptm.v10i1.41418
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Jalaluddin Rakhmat. (1999). Psikologi Komunikasi.
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2021). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487–497. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1845
Setyadi, 2020. (2020). APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERSASTRA. METAFORA, VI(2), 147–157. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/mtf.v6i1.7824
Sunardi, 2021. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan iSpring Untuk Materi Penyajian Data Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Rieno. 21(1), 1–9.
Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Vikri Iqbal, M., Abdillah, H., Fawaid, M., Abizar, H., & Supriyatna, D. (2022). Model media pembelajaran dengan pengunaan aplikasi simulasi mesin bubut sebagai penunjang belajar siswa di SMK. Vocational Education National Seminar (VENS), 25, 90–95.
Nurhayati, 2020. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TKBGT SISWA KELAS X TEKNIK MEKATRONIKA SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT. 5, 72–78.
Wahyuni, S. (2020). Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Perangkat Lunak Pada Bidang Elektro. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 33. https://doi.org/10.22373/crc.v4i1.6275
WIJATMIKO, F., & UTAMA, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Simulasi Mach 3 Turn Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Cnc (Computer Numerically Controlled) Kelas Xii Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 6(03), 20–26.
Yahya & Irfan, 2018. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TKBGT SISWA KELAS X TEKNIK MEKATRONIKA SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT. 6(2).
Yolanda, M., & Refdinal. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Tp Smk Negeri 1 Sungai Limau. Ranah Research : Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 1(4), 936–942.
Yustina, N. (2020). IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) MODEL IN GROWTH AND DEVELOPMENT LEARNING TO INCREASE THE STUDENTS’ SCIENCE LITERACY AND CRITICAL THINKING SKILLS. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, 6(16), 66–72. https://doi.org/10.18768/ijaedu.616008.
Published
2024-05-24
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 5