PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULATOR MESIN BUBUT 1K62 TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA

Penulis

  • Andika Cucut Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptm.v13n3.p22-29

Kata Kunci:

Simulator, Hasil Belajar, Respon

Abstrak

Abstrak

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sudah sangat pesat salah satunya penerapan media pembelajaran sebagai penunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Seperti penggunaan simulator pada pembelajaran mata pelajaran pemesinan teknik mesin bubut yang diharap efisien karena fungsinya sama seperti aslinya. Simulator digunakan untuk menggambarkan suatu situasi yang mirip dengan situasi yang sebenarnya. Metode eksperimen yang digunakan adalah kuantitatif. Yang diharapkan dari penelitian ini yaitu penggunaan simulator pada proses belajar mengajar dapat berpengaruh dengan menghasilkan hasil belajar yang maksimal sesuai tujuan penelitian. Hasil penelitian dengan paired samples t test menunjukkan bahwa nilai sig. < 0,05. Maka, media simulator mesin bubut 1K62 berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal itu karena adanya keunggulan yang terdapat pada media simulator tersebut  yaitu memiliki kesamaan dengan mesin bubut sebenarnya, mulai dari bagian-bagian hingga cara kerja mesin bubut. Sehingga, media tersebut efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Simulator, Hasil Belajar, Respon.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-05-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 37