IMPLEMENTATION OF THE USE OF THE "CNC VMC SIMULATOR" APPLICATION TOWARDS IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES OF GRADE XI STUDENTS OF SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO

Authors

  • Renaldi Andyana Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Aini Susanti Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

CNC, Hasil Belajar, VMC Simulator, Simulasi, Pembelajaran, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi CNC VMC Simulator terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI jurusan Teknik Instalasi Permesinan Kapal di SMKN 3 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group PreTest, PostTest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Instalasi Permesinan Kapal di SMKN 3 Buduran Sidoarjo yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, hasil belajar, dan angka respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi, analisis lembar respon siswa, dan analisis hasil belajar. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media aplikasi CNC VMC Simulator dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran CNC. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 33,6%. Dimana hasil pre test menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 50% dan hasil rata-rata post test siswa sebesar 85,2%, sedangkan hasil rata-rata angket respon siswa sebesar 82,7%. Hasil penelitian ini memperoleh nilai n-gain sebesar 0,69 dengan kategori sedang dan nilai presentase n-gain sebesar 69% dengan kategori cukup efektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi CNC VMC Simulator memberikan pengaruh yang cukup efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Instalasi Permesinan Kapal di SMKN 3 Buduran Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Bumi Aksara.

Fadli, R. P., Mudjiran, M., Ifdil, I., & Amalianita, B. (2019). Peluang dan tantangan bimbingan karir di sekolah menengah kejuruan pada era revolusi industri 4.0. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 102. https://doi.org/10.29210/120192395

Fatah, A. (2023). Kesiapan Smk Negeri Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 5(1), 95–109. https://doi.org/10.21831/jpvo.v5i1.55862

Hidayat, Adan Hargiyarto, P. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan (K3) Berbasis Microsoft Office Power Point di SMK N 3 Yogyakarta. Skripsi.Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Iswar, M., Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin, J., Negeri Fakfak, P., Teknik Mesin, J., Studi Perawatan Alat Berat, P., & Negeri Ujung Pandang, P. (2024). JOURNAL OF APPLIED MECHANICAL ENGINEERING AND RENEWABLE ENERGY (JAMERE) Analisis Kekasaran Mesin Bubut Konvensional dan CNC TU-2A Dengan Rpm 1500 Menggunakan Poros Aluminium. 4(1), 6–10. https://journal.isas.or.id/index.php/JAMERE/article/view/788

Rahmayu, M. (2018). PADA SMK PUTRA NUSANTARA JAKARTA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ). 9(1), 551–564.

Sugiyono. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (cetakan ke). Alfabeta. https://palcomtech.ac.id/resensi-buku-metode-penelitian- kuantitatif-kualitatif-dan-rd/

Taufik, M.,Mukhadis, A.,Nauri, I.M.(2010). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Komputer Menggunakan SoftwareCAD/CAM Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Memprogram Mesin Frais CNC.Teknologi dan Kejuruan,33(1)29−42

Downloads

Published

2025-06-26

Issue

Section

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 2 , PDF Downloads: 1