PENERAPAN PENGGUNAAN APLIKASI “CNC VMC SIMULATOR“ TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 3 BUDURAN SIDOARJO
Kata Kunci:
CNC, Hasil Belajar, VMC Simulator, Simulasi, Pembelajaran, SMKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi CNC VMC Simulator terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI jurusan Teknik Instalasi Pemesinan Kapal di SMKN 3 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain O ne Group PreTest, PosTest . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemesinan Kapal SMKN 3 Buduran Sidoarjo, dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, hasil belajar, dan angket respon siswa, Analisis data yang dilakukan yaitu analisis validasi, lembar respon siswa, dan analisis hasil belajar. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media aplikasi CNC VMC Simulator dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran CNC. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 33,6%. Dimana hasil pre-test menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 50% dan hasil rata-rata post-test siswa sebesar 85,2%, sedangkan hasil rata-rata angket respon siswa 82,7%. Hasil penelitian ini diperoleh nilai n-gain sebesar 0,69 dengan kategori sedang dan nilai persentase n-gain 69% dengan kategori cukup efektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi CNC VMC Simulator berdampak cukup efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemesinan Kapal SMKN 3 Buduran Sidoarjo.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Bumi Aksara.
Fadli, R. P., Mudjiran, M., Ifdil, I., & Amalianita, B. (2019). Peluang dan tantangan bimbingan karir di sekolah menengah kejuruan pada era revolusi industri 4.0. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 102. https://doi.org/10.29210/120192395
Fatah, A. (2023). Kesiapan Smk Negeri Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 5(1), 95–109. https://doi.org/10.21831/jpvo.v5i1.55862
Hidayat, Adan Hargiyarto, P. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan (K3) Berbasis Microsoft Office Power Point di SMK N 3 Yogyakarta. Skripsi.Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta
Iswar, M., Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin, J., Negeri Fakfak, P., Teknik Mesin, J., Studi Perawatan Alat Berat, P., & Negeri Ujung Pandang, P. (2024). JOURNAL OF APPLIED MECHANICAL ENGINEERING AND RENEWABLE ENERGY (JAMERE) Analisis Kekasaran Mesin Bubut Konvensional dan CNC TU-2A Dengan Rpm 1500 Menggunakan Poros Aluminium. 4(1), 6–10. https://journal.isas.or.id/index.php/JAMERE/article/view/788
Rahmayu, M. (2018). PADA SMK PUTRA NUSANTARA JAKARTA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( AHP ). 9(1), 551–564.
Sugiyono. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (cetakan ke). Alfabeta. https://palcomtech.ac.id/resensi-buku-metode-penelitian- kuantitatif-kualitatif-dan-rd/
Taufik, M.,Mukhadis, A.,Nauri, I.M.(2010). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Komputer Menggunakan SoftwareCAD/CAM Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Memprogram Mesin Frais CNC.Teknologi dan Kejuruan,33(1)29−42
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

