PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA KOMPETENSI DASAR : MENDESKRIPSIKAN PRINSIP DASAR MEKANIKA DI KELAS XI TPM SMKN 7 SURABAYA

  • AGUS SUGIYONO S1 Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Learning Direct, Top Student, Student Activities, Student Response

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari tahun ke tahun semakin berkembang pesat.
Hal ini menyebabkan guru harus selektif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi
yang disampaikan. Salah satu model pembelajaran yang dinilai cocok untuk menyampaikan materi pada
kompetensi dasar mendeskripsikan prinsip dasar mekanika adalah model pembelajaran langsung.
Pembelajaran langsung merupakan suatu model pembelajaran, dimana model pembelajaran ini dapat
membantu siswa mempelajari ketrampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan
selangkah demi selangkah. Pembelajaran langsung didesain khusus untuk menunjang proses belajar siswa
yang berkaitan dengan pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik
Pada penelitian ini, menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dimana dimana peneliti akan
mendeskripsikan tentang hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa yang diberi perlakuan berupa
penerapan pembelajaran langsung (direct instruction) serta mendeskripsikan respons siswa terhadap
penerapan pembelajaran langsung (direct instruction).
Hasil penelitian menunjukan 24 siswa dari 30 siswa telah tuntas belajarnya. Dimana persentase
ketuntasan belajar siswa sebesar 80 %. Sedangkan Aktivitas belajar siswa yang paling dominan adalah
memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru sebesar 31,48%. Respon siswa terhadap pembelajaran
langsung menunjukkan positif. Hal tersebut dapat diketahui dari rata-rata respon siswa terhadap
pembelajaran langsung sebesar 86,66%.
Kata kunci: Pembelajaran langsung, Nilai Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, Respon Siswa
ABSTRACT
Developments in science and technology over the years is growing rapidly. This causes teachers
to be selective in choosing a learning model that suits the material presented. One of the learning model
considered suitable for conveying material on the basis of competency describes the basic principles of
mechanics is a direct instructional model. Hands-on learning is a learning model, where the learning
model can help students learn the basic skills and information that can be taught step by step. Hands-on
learning designed to support students' learning processes related to procedural knowledge and declarative
knowledge of a well-structured
In this study, using a descriptive study. Where where researchers will describe about student
learning outcomes and student learning activities in the form of the application of treated direct
instruction (direct instruction) and describe the student's response to the application of direct instruction
(direct instruction).
The results showed 24 students out of 30 students have completed studies. Where the percentage
of mastery learning students by 80%. While the activity of the most dominant students are watching and
listening to teacher's explanation of 31.48%. The response of students towards learning implies positive.
It can be seen from the average response of students to the hands-on learning by 86.66%.
Keywords: Learning Direct, Top Student, Student Activities, Student Response
Published
2013-01-12
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 13