PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR GENERASI Z SISWA KEJURUAN

Penulis

  • Muhamad Nur Febrian Syah Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Media pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Generasi Z, Hasil Belajar

Abstrak

Abstrak

Seiring kemajuan teknologi dan informasi, para pendidik didorong untuk menciptakan media pembelajaran yang inovatif, efektif, dan efisien yang dapat digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa Generasi Z dan menjawab tantangan pembelajaran berbasis digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak penggunaan media PowerPoint interaktif pada Generasi Z. Metode penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai pretest dan posttest meningkat. Nilai sig. (2-tailed) dalam uji hipotesis mendapatkan (2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga media PowerPoint berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XII generasi z SMKN 5 Surabaya. Media ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pendidik untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah kejuruan.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Generasi Z, Hasil belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-05

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 97 , PDF Downloads: 83