PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP KOMPETENSI ABAD 21 PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

Penulis

  • Mohammad Safii Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptm.v13n3.p36-41

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Canva, Kompetensi Abad 21

Abstrak

Abstrak

Salah satu yang menjadi faktor krusial untuk kemajuan suatu bangsa yaitu pendidikan. Dengan berkembangnya TIK, terdapat peluang besar guna mengembangkan efektivitas serta efisiensi aktivitas belajar-mengajar di berbagai tingkat pendidikan dengan kemampuan abad 21. Riset ini mempunyai tujuan guna menganalisis dampak pengaplikasian media pembelajaran berbasis Canva terhadap keahlian critical thinking siswa, serta respon siswa pada saat pembelajaran. Jenis riset yang dipergunakan dalam studi ini adalah jenis kuantitatif. Riset yang pre-experimental dengan desain uji prates-pasca uji satu kelompok. Sampel diambil dengan mempergunakan Non-Probability Sampling dengan metode Systematic Sampling. Populasi penelitian yaitu siswa kelas 11 TPM SMK Negeri 7 Surabaya terdiri dari dua kelas dan berjumlah 60 siswa. Teknik analisa mempergunakan uji parametrik dan analisis rash model. Hasil uji paired hasil uji t-sample menyatakan nilai dua arah sebesar 0,000. Dengan demikian, hipotesis dalam riset ini adalah bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasilnya diperoleh simpulan dan dinyatakan berdampak positif karena media ini bisa membiasakan siswa untuk menyelesaikan masalah secara terampil, meningkatkan keaktifan siswa pada saat pembelajaran, membangun komunikasi dan mengembangkan keahlian berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Canva, Kompetensi Abad 21.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-03

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 49 , PDF Downloads: 63