RESPON MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER KONTROL RELAY DENGAN BUKU PANDUAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING
Keywords:
Media Pembelajaran, Problem Based Learning, ResponAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap implementasi media pembelajaran trainer kontrol relay dengan buku panduan menggunakan problem based learning. Media pembelajaran adalah segala bentuk alat atau teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan materi pembelajaran kepada siswa. Respon adalah suatu istilah psikologis yang digunakan untuk menamakan reaksi terhadap suatu rangsangan yang diterima oleh panca indera. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design, jenis penelitian yang dilakukan terhadap satu kelompok tanpa adanya kelompok kontrol atau kelompok lainnya. Hasil dari penelitian ini diketahui respon mahasiswa terhadap implementasi media pembelajaran trainer kontrol relay dilengkapi buku panduan praktikum menggunakan problem based learning mendapat respon positif dengan kategori sangat baik dan memperoleh nilai 3,57. Dengan demikian, dapat disimpulkan respon mahasiswa terhadap implementasi media pembelajaran trainer kontrol relay dilengkapi buku panduan praktikum menggunakan problem based learning pada mata kuliah instrumentasi dan kendali sangat baik dan mendapat respon positif dari mahasiswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Problem Based Learning, Respon
Downloads
References
1. Dewi, S., Setiani, R., Fisika, P. P., Surabaya, U. N., Learning, P. B., Didik, R. P., & Masalah, P. (2024). Analisis Efektivitas dan Respon Peserta Didik terhadap Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) pada Materi Usaha dan Energi. 13(2), 143–151.
2. Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
3. Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
4. Puspitasari, I. A., Studi, P., Matematika, P., Mulawarman, U., Timur, K., & Scholar, G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding, 2, 75–92. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1248%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/download/1248/830
5. Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
6. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Ilmiah. Metode Penelitian Ilmiah, 84, 116.
7. Widyoko, E. P. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section

