PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK KAL 2 SURABAYA
Kata Kunci:
Project Based learning (PjBL), Hasil belajar, Model pembelajaran.Abstrak
Abstrak
Penggunaan model pembelajaran teacher-centered menyebabkan siswa kurang berpartisipasi dan berinteraksi, sehingga hasil belajar kurang maksimal. Proses pembelajaran menjadi pasif dan monoton, menghambat keingintahuan serta kreativitas siswa. Untuk mengatasi hal ini, diterapkan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) sebagai alternatif agar siswa lebih aktif, kreatif, dan suasana belajar lebih menarik, sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui kreativitas dan hasil belajar siswa setelah menerapkan PjBL di kelas X SMK KAL 2 Surabaya dengan sampel 20 siswa. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, tes, dan observasi, diolah menggunakan N-Gain skor. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 55 menjadi 85, 5, dengan ketuntasan belajar naik dari 5% ke 90%. Nilai N-Gain rata-rata 0, 70 termasuk kategori sedang, dengan efektivitas 70% tergolong "Cukup Efektif".
Kata Kunci : Project Based learning (PjBL), Hasil belajar, Model pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Arsana, I Made, Sudirman Rizki Ariyanto, Hanif Gunawan Wibisono. 2019. Implementation Of Problem Based Learning Models Supported By Trainer Radiator Module For Heat Transfer Learning. Jurnal Taman Vokasi Vol. 7, Issue (2). pp. 226-231.
Barrow. 1996. Bringing Problem Based Learning to Higher Education, San Francisco, Jossey-Bass Inc, 3-13.
Djajadi, Muhammad. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Enggen, P., & Kauchak, D. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: PT. Indeks.
Fathurrahman, A., Sumardi, Yusuf, A., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850.
Filemon. (2023). Efektivitas Guru PAK dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jutipa: Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 1(2), 67–83.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

