KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS META AI DENGAN METODE DRILL PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN CENDITAMA
Kata Kunci:
N-GainAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan pembelajaran berbasis Meta AI yang dipadukandengan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan Cenditama. MetaAI sebagai teknologi kecerdasan buatan memungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih adaptif danpersonal, sedangkan metode drill berfokus pada penguatan keterampilan melalui latihan berulang.Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain kuasi-eksperimen, yang melibatkanpretest dan posttest, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan adanyapeningkatan signifikan pada rata-rata skor peserta didik dari 63,0 menjadi 81,0 setelah penerapan metode.Selain itu, peserta menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan keterlibatan aktif selama prosespembelajaran berlangsung. Instruktur juga mengalami kemudahan dalam memberikan umpan balik secarareal-time dan menyesuaikan pendekatan dengan kebutuhan individu peserta. Berdasarkan temuan ini,pembelajaran berbasis Meta AI yang dipadukan dengan metode drill terbukti efektif dalam meningkatkankualitas hasil belajar serta pengalaman belajar peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penerapanlebih luas teknologi serupa dalam lembaga pendidikan vokasional guna menghadirkan pembelajaran yanglebih relevan dan efisien.
Kata kunci: Meta AI, Metode Drill, Pembelajaran Adaptif, Keefektifan Pembelajaran, PendidikanVokasional, Lembaga Kursus Cenditama
Unduhan
Referensi
Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of
instruction. Harvard University Press.
Fischer, C., Greiff, S., & Funke, J. (2021).
Artificial intelligence in education: Promises and
challenges. Journal of Educational Psychology, 113(3),
473–487. https://doi.org/10.1037/edu0000545
Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd
ed.). Cambridge University Press.
Merrill, M. D. (2019). First principles of
instruction: Identifying and designing effective, efficient
and engaging instruction. Pfeiffer.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984).
Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods.
Sage Publications.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif,
kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukarelawan, R., Widodo, H., & Anggraini, R.
(2024). Penerapan uji N-Gain dalam mengukur efektivitas
pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 12(1), 45–
54.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 58