KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS META AI DENGAN METODE DRILL PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN CENDITAMA

Penulis

  • Reynaldi Bagaskara Utomo Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana

Kata Kunci:

N-Gain

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan pembelajaran berbasis Meta AI yang dipadukandengan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan Cenditama. MetaAI sebagai teknologi kecerdasan buatan memungkinkan proses pembelajaran menjadi lebih adaptif danpersonal, sedangkan metode drill berfokus pada penguatan keterampilan melalui latihan berulang.Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain kuasi-eksperimen, yang melibatkanpretest dan posttest, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan adanyapeningkatan signifikan pada rata-rata skor peserta didik dari 63,0 menjadi 81,0 setelah penerapan metode.Selain itu, peserta menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan keterlibatan aktif selama prosespembelajaran berlangsung. Instruktur juga mengalami kemudahan dalam memberikan umpan balik secarareal-time dan menyesuaikan pendekatan dengan kebutuhan individu peserta. Berdasarkan temuan ini,pembelajaran berbasis Meta AI yang dipadukan dengan metode drill terbukti efektif dalam meningkatkankualitas hasil belajar serta pengalaman belajar peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penerapanlebih luas teknologi serupa dalam lembaga pendidikan vokasional guna menghadirkan pembelajaran yanglebih relevan dan efisien.
Kata kunci: Meta AI, Metode Drill, Pembelajaran Adaptif, Keefektifan Pembelajaran, PendidikanVokasional, Lembaga Kursus Cenditama

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of

instruction. Harvard University Press.

Fischer, C., Greiff, S., & Funke, J. (2021).

Artificial intelligence in education: Promises and

challenges. Journal of Educational Psychology, 113(3),

473–487. https://doi.org/10.1037/edu0000545

Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd

ed.). Cambridge University Press.

Merrill, M. D. (2019). First principles of

instruction: Identifying and designing effective, efficient

and engaging instruction. Pfeiffer.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984).

Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods.

Sage Publications.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif,

kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukarelawan, R., Widodo, H., & Anggraini, R.

(2024). Penerapan uji N-Gain dalam mengukur efektivitas

pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 12(1), 45–

54.

Diterbitkan

2025-07-31

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 58