PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 BUDURAN SIDOARJO

Penulis

  • TIARA MARGARETHA
  • DJOKO SUWITO

Abstrak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin. Selain itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, rancangan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design karena dalam desain ini untuk kelas eksperimental dan kelas kontrol telah ditentukan. Hasil belajar siswa pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray memiliki kemampuan positif sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Aktivitas siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray memiliki hasil yang baik dan dapat dikategorikan siswa aktif dalam pembelajaran. Respon siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray memiliki respon yang sangat baik.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray, Aktivitas, Respon, dan Hasil Belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-07-30

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 240 , PDF Downloads: 76