Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Kelas XI SMK Negeri 1 Trowulan

Penulis

  • Rendy Rahma Maulid Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

model pembelajaran, discovey learning, hasil belajar

Abstrak

Definsi pendidikan adalah suatu kegiatan berupa bimbingan, pembelajaran, pengarahan, pelatihan, dan juga pemodelan melalui berbagai macam strategi yang mendidik. Kegiatan pembelajaran sering mengalami kendala salah satunya yaitu kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Banyak siswa yang merasa bosan dengan metode ceramah dalam pembelajaran yang dilakukan. Hal tersebut berdampak pada keaktifan siswa yang kurang sehingga hasil belajar mereka juga kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning, kesulitan yang dihadapi, perbedaan hasil belajar, dan respon siswa pada mata pelajaran teknik pengelasan di SMK Negeri 1 Trowulan. Populasi dalam penelitian ini adalah jurnal penelitian nasional dan jurnal penelitian internasional yang berkaitan dengan judul penelitian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 3 (tiga) jurnal penelitian nasional dan 2 (dua) jurnal penelitian internasional yang berkaitan judul penelitian. Teknik pengumpulan data adalah sumber-sumber kepustakaan yang berasal dari jurnal penelitian nasional dan jurnal penelitian internasional. Analisis data terdiri dari 3 (tiga) tahapanĀ  yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa teknik pengelasan menjadi jurusan yang banyak diminati, kendala yang dialami yaitu pembelajaran monoton dan kurang menyenangkan, discovery learning menjadi model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan menimbulkan pembelajaran yang menyenangkan, serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan discovery learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-30

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 379 , PDF Downloads: 1015