PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, PENGALAMAN MENGAJAR/PLP, DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA MENJADI GURU

Penulis

  • Dhaifan Hibaturrahman Universitas Negeri Surabaya
  • Theodorus Wiyanto Wibowo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptm.v11n02.p21-27

Kata Kunci:

Minat menjadi guru, Persepsi mahasiswa pada profesi guru, Pengalam Mengajar/PLP, Pengaruh Lingkungan

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa pada profesi guru, pengalaman mengajar/PLP, serta lingkungan terhadap faktor yang memengaruhi minat menjadi guru.

Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya angkatan 2017 yang berjumlah 77 mahasiswa dengan sampel penelitian berjumlah 65 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada persepsi profesi guru, pengaruh lingkungan, dan pengalaman mengajar/PLP terhadap minat menjadi guru. Nilai p-value sebesar 0,000 kurang dari nilai sebesar 0,05 yang menunjukkan bahwa variabel bebas dalam penelitian ini secara bersama-sama mempengaruh variabel terikat. Namun setelah dilakukan uji parsial menunjukkan hasil sebagai berikut; (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa pada profesi guru terhadap minat menjadi guru; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengalaman mengajar/PLP terhadap minat menjadi guru; dan (3) tidak ada pengaruh antara pengaruh lingkungan terhadap minat menjadi guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Nadiah Sekar Ayuni, Dhiah Fitrayati. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Unesa menjadi Guru. Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya

2. Muh. Nasrullah, Ilmawati, Sirajuddin Saleh, Risma Niswaty, Rudi Salam. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran

3. Mulyana, A., & Waluyo, I. (2016). Pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 8 , 1-10.

4. Ardyani. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Jurnal Unnes

5. Alinurdin& Rahayu. (2017). Pengaruh Orang Tua Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol.4 No.1 Maret 2017

6. Alfiyyah Nurlaili Sukma, Elin Karlina, & Priyono. (2020). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Univesitas Indraprasta PGRI. Jurnal LPPM Unindra

7. Anwar Hidayat (2013). Uji Normalitas dan Metode Perhitungan (Penjelasan Lengkap). https://www.statistikian.com/2013/01/uji-normalitas.html

8. Anwar Hidayat (2013). Uji F dan Uji T. https://www.statistikian.com/2013/01/uji-f-dan-uji-t.html

9. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

10. Bisma Indrawan Sanny (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013- 2017. Jurnal Politeknik Kebumen

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-11

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 591 , PDF Downloads: 408