EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR SOLIDWORKS KELAS XI TFLM DI SMKN 5 SURABAYA

Penulis

  • Hadiid Arwian Alhamda Universitas Negeri Surabaya
  • Yunus . Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Model pembelajaraan, Model pembelajaran guided discovery learning, PTK

Abstrak

Abstrak
Kegiatan pembelajaran monoton menyebabkan kurang terangsangnya gairah belajar pada peserta didik
akibat pembelajaran yang kurang efektif, hal ini menyebabkan kurang tercapainya hasil belajar yang
optimal. Masalah tersebut memiliki jalan keluar salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran
guided discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model
pembelajaran guided discovery learning terhadap respon, hasil belajar, dan keterlaksanaan pembelajaran
siswa pada kompetensi dasar solidworks kelas XI TFLM di SMKN 5 Surabaya. Metode penelitian yang
digunakan adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Siklus disusun berdasarkan desain dari MC taggart
yang memulai alur melalui langkah perencanaan, tindakan, pengamatan, kemudian refleksi. Teknik
pengembilan data untuk ranah kognitif adalah tes, ranah afektif adalah observasi, ranah psikomotor
menggunakan tes keterampilan, keterlaksanaan dengan lembar observasi, serta respon dengan angket
peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan responden kelas XI TFLM 1 di SMKN 5 Surabaya. Menurut
hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan dimana model pembelajaran guided discovery learning efektif
guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TFLM 1 sesuai standar ketuntasan klasikal sebesar 85%,
dengan respon siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran sangat baik.
Kata Kunci : Model pembelajaraan, Model pembelajaran guided discovery learning, PTK.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-16

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 78 , PDF Downloads: 68