PENGEMBANGAN MODUL VIBRATION TESTER SEBAGAI PENUNJANG MATA KULIAH PENGETAHUAN ALAT UKUR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Kata Kunci:
modul, vibration tester, alat ukur, respon dosen, respon mahasiswaAbstrak
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pendukung perkuliahan berupa modul untuk pengetahuan alat ukur khususnya materi vibration tester. Hal ini tentunya membuat proses perkuliahan menjadi kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, melalui penelitian ini dikembangkan sebuah media pembelajaran modul dengan topik khusus yang membahas tentang materi alat ukur vibration tester. Penelitian ini berjenis pengembangan dimana mahasiswa yang memprogram mata kuliah pengetahuan alat ukur pada semester semester gasal tahun 2021/2022 sebagai subjek penelitian. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada konsep pengembangan media pembelajaran Thiagarajan yakni 4D Model. Instrumen yang digunakan meliputi lembar angket respon baik untuk dosen pengajar maupun mahasiswa. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna modul baik dosen maupun mahasiswa memberikan respon yang positif. Lebih rinci, dosen pengajar memberikan respon dengan nilai persentase rata-rata sebesar 93,91%, dimana persentase tersebut masuk dalam kategori sangat baik. Sementara itu, mahasiswa memberikan respon terhadap modul yang dikembangkan baik dari aspek tampilan, penyajian materi, hingga manfaat dengan nilai rata-rata persentase sebesar 90,24%, dimana persentase tersebut masuk dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: modul, vibration tester, alat ukur, respon dosen, respon mahasiswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

