INOVASI MEDIA BUKU AJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENGECATAN BERBASIS ELEKTRONIK DI JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Penulis

  • Rizki Akbar Universitas Negeri Surabaya
  • Firman Yasa Utama Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Inovasi Buku Ajar, Media Elektronik, Teknologi Pengecatan

Abstrak

Abstrak
Mata kuliah teknologi pengecatan pada pembelajaran di masa pandemi menjadikan permasalahan bagi
mahasiswa, sehingga pembelajaran mata kuliah teknologi pengecatan ini dilakukan online. Guna mendukung
pembelajaran teknologi pengecatan yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen di Jurusan Teknik Mesin Fakultas
Teknik Universitas Negeri Surabaya, peneliti menginovasikan media buku ajar teknologi pengecatan dengan berbasis
elektronik. Hal ini dikarenakan mahasiswa masih merasa kurang efektif dan efesien dalam memahami materi yang
disampaikan berdasarkan teori maupun praktik. Maka dari itu, media tersebut di implementasikan menjadi sebuah
aplikasi atau website pada mata kuliah teknologi pengecatan.
Penelitian pengembangan ini bertujuannya untuk menghasilkan media pembelajaran buku ajar Teknologi
Pengecatan dengan inovasi berbasis Elektronik yang memenuhi kriteria layak dan dapat mempermudah mahasiswa
pada mata kuliah Teknologi Pengecatan dalam melakukan aktivitas pembelajaran efektif dan efesien.
Prosedur pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima (5) tahapan sebagai
berikut: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi
(implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Media buku ajar di nilai oleh 9 dosen ahli yang terdiri dari ahli materi,
bahasa, dan desain yang nilainya sebesar 4,39 valid dan persentase kelayakan buku ajar sebesar 95% termasuk dalam
kategori layak, sedangkan hasil respon mahasiswa terhadap penggunaan buku ajar ini sebesar 89% termasuk dalam
kategori sangat baik.
Kata kunci: Inovasi Buku Ajar, Media Elektronik, Teknologi Pengecatan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-04
Abstract views: 71 , PDF Downloads: 90