PENINGKATAN KEMAMPUAN CRITICAL THINGKING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN OTOMOTIF
Kata Kunci:
problem based learning, kemampuan berpikir kritis, peserta didik SMK OtomotifAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik SMK Otomotif. Model penelitian yang digunakan adalah metode kajian literatur dengan menggunakan sumber data sekunder, dimana sumber data sekunder tersebut dikumpulkan melalui artikel ilmiah, buku, website, dan sumber-sumber lain yang relevan dengan topik PBL dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMK Otomotif, selanjutnya data tersebut dikumpulkan, dianalisis, membuat hasil dan pembahasan hingga menarik kesimpulan. Dari hasil kajian literatur, dapat ditarik simpulan yang meliputi: (1) penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) berpotensi memberi keuntungan baik dari segi pengalaman, motivasi, inovasi dan peningkatan terhadap keterampilan abad 21 peserta didik SMK Otomotif; (2) dengan adanya penerapan pembelajaran model PBL terbukti signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibuktikan dengan data nilai effect size sebesar 1,07 pada kategori besar, karena kriteria pendidikan SMK yang didominasi pembelajaran praktik daripada teori, hal ini juga dapat membiasakan peserta didik dalam mencari dan memecahkan sebuah masalah yang ada dalam aspek kehidupan sehari-hari untuk dapat bersaing dalam kemampuan abad 21; (3) dengan mengangkat permasalahan di kehidupan nyata, modelĀ PBL menjadi pilihan ideal untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada peserta didik SMK Otomotif.
Kata Kunci: problem based learning, kemampuan berpikir kritis, peserta didik SMK Otomotif
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

