PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK RADEN PATAH KOTA MOJOKERTO
Kata Kunci:
Model pembelajaran, problem based learning, peningkatan hasil belajarAbstrak
Pembelajaran konvensional yang diterapkan di SMK Raden Patah Kota Mojokerto yang berpacu pada teacher center termasuk pembelajaran yang kurang efektif, inilah yang membuat kebosanan dan kejenuhan siswa selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Penerapan pembelajaran yang dianjurkan di kurikulum 2013 salah satunya memakai problem based learning yang dapat menuntun siswa untuk mengamati permasalahan dan memecahkan permasalahan yang dihadapi. Tujuan penelitian ditujukan untuk menganalisa kenaikan hasil ketuntasan belajar siswa selama menerapkan pembelajaran menggunakan problem based learning. Jenis penelitian dilaksanakan memakai bentuk penelitian tindakan kelas yang di mana untuk menaikkan mutu kegiatan pembelajaran siswa melalui mengamati proses kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dalam memecahkan masalah dan memberikan tindakan berkesinambungan untuk memperoleh hasil yang baik. Penerapan model pembelajaran ini akan mengikuti sintak dari pembelajaran problem based learning. Sedangkan model penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dari Kurt Lewin. Hasil dari penerapan pembelajaran menggunakan model problem based learning di SMK Raden Patah Kota Mojokerto kelas X TKR 1 pada materi motor bakar 2 langkah serta 4 langkah didapatkan hasil ketuntasan belajar siswa kelas X TKR 1 nilai rata-rata kelas yang didapatkan sebesar 79 dengan jumlah siswa yang tuntas 17 siswa dari jumlah 20 siswa dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 85% yang termasuk dalam kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Model pembelajaran, problem based learning, peningkatan hasil belajar.
Unduhan
Referensi
1. Depdiknas. 2013. Undang-Undang RI No. 70 Tahun 2013 Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Nugraha, Burhanudin Mey Setya. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Games Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR Materi Hand Tools dan Power Tools. Skripsi sarjana (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Semarang.
3. Priyasudana, Danang, dan Mochamad Cholik. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Journal JTM. Vol. 04 (3): hal 34-42.
4. Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
5. Savery, J. R. (2015). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. Vol. 1: hal 9-20.
6. Sudarto, Johan, dan Dewanto. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Diklat Memelihara Baterai Kelas X TKR SMKN 1 Kanor Bojonegoro. Journal JTM. Vol. 01 (3): hal 50-55.
7. Triyadi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi sarjana (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

