IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS DAN PEMINDAH TENAGA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI SMK RADEN PATAH KOTA MOJOKERJO

Penulis

  • Mohamad Karnata Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Model pembelajaran, project based learning, peningkatan hasil belajar

Abstrak

Abstrak

Model pembelajaran yang berpacu pada teacher center seperti Project Based Learning penting dilakukan untuk mendukung perkembangan pendidikan terutama dalam pendidikan kejuruan. Tujuan penelitian ditujukan untuk menganalisa kenakan hasil ketuntasan belajar siswa selama menerapkan pembelajaran menggunakan Project Based Learning. Jenis penelitian dilaksanakan memakai bentuk penelitian tindakan kelas untuk membandingkan antara pembelajaran langsung Direct Intruction (DI) dengan pembelajaran Project Based Learning. Sedangkan model penelitian ini menggunakan model dari Kurt Lewin. Hasil penerapan dari pembelajaran Project Based Learning di SMK Raden Patah Kota Mojokerto menunjukan pada siklus I didapatkan persentase hasil ketuntasan belajar kelas sebesar 89% dan nilai rata-rata didapatkan nilai 80. Pada siklus II didapati nilai rata-rata didapatkan nilai 79  dan didapatkan persentase hasil ketuntasan belajar kelas sebesar 84%. Disimpulkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa tertinggi terjadi pada siklus I sebesar 89 %. Setelah diterapankannya model pembelajaran ini persentase ketuntasan hasil belajar siswa naik sebesar 47% dibanding dengan model pembelajaran sebelumnya.

Kata Kunci: Model pembelajaran, project based learning, peningkatan hasil belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bloom, Benjamin S., et al. 1956. Taxonomy of Educational Objective The Classification of Educational Goals, Hanbook I Cognitive Domain. New York: Longmans, Green and Co.

Fathurahman, Muhammad. (2017). Belajar & Pembelajaran Modern; Konsep Dasar, Inovasi dam Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum Dan Pembelajaran Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Khoiruddin & Djoko. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Aksi Dan Reaksi Gaya SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol.11.

Maharani, A.A.P., & Widhiasih, L.K.S. 2016. Respon Siswa Terhadap Umpan Balik Guru saat Pelajaran Bahasa Inggris di SD Saraswati 5 Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati. 5(2):88-92.

Ningrum, Epon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan Contoh. Yogyakarta: Ombak.

Nugraha, A.D., Binadja, A., & Supartono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education. 2(1):27-34.

Oemar Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Paul B. Diedrich dan Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya..

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Thomas, John W. 2000. A Review of Research on Project-Based Learning. California: The Autodesk Foundation.

Wagner, T. (2008). The Global Achievement Gap, 21st Century Skills. In Journal of Physics D: Applied Physics (Vol. 29, Issue 1).

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-28

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 74 , PDF Downloads: 112