EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR DI SMK RAJASA SURABAYA
Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Pemahaman Siswa, EfektifAbstrak
Abstrak
Pendidikan kejuruan ditujukan untuk membekali peserta didik guna siap kerja pada setiap bidang yang relevan dengan apa yang dipelajari. Pemahaman peserta didik sekolah menengah kejuruan seharusnya dapat memenuhi kebutuhan pihak dunia usaha atau dunia industri. Hasil belajar yang baik dapat didukung dengan implementasi model pembelajaran yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui apakah ada yuridiksi yang mencolok dari pengaplikasian model pembelajaran project based learning terhadapi meningkatnya pemahaman dilihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar di SMK Rajasa Surabaya 2) mengetahui apakah model pembelajaran project based learning efektif dalam peningkatan pemahaman dilihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar di SMK Rajasa Surabaya. Peneliti menerapkan penggunaan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan model true experiment post test only control group design. Teknik analisa data yang dipakai yaitu uji-t, dan uji N-gain score. Hasil dari penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran project based learning terhadap peningkatan pemahaman dilihat dari hasil belajar siswa. Uji N-gain scorenya menunjukan jika perlakuan model pembelajaran project based learning cukup efektif dalam peningkatan pemahaman dilihat dari hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pekerjaan dasar di SMK Rajasa Surabaya.
Kata.Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Pemahaman Siswa, Efektif.
Unduhan
Referensi
Asprilla. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR 2 Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK N 2 Pengasih. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Cooper, Rose. (2016). Hacking Project Based Learning. Cleveland: Times 10. ISBN: 978-0-9861049-8-5.
Creswell, John W. (2018). Fifth Edition Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: Sage Publication, Inc. ISBN 978-1-5063-8670-6.
Larmer, John. (2015). Setting the Standard for Project Based Learning: a proven approach to rigorous classroom. Alexandria: ASCD. ISBN: 978-1-4166-2033-4.
Khikmah. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Garis dan Sudut Kelas Vii Mts Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Prayitno. (2015). Implementasi Project Based Learning dalam Pembelajaran Abad 21 pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD N Jetis II Nglora, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul. Yogyakarta: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Yogyakarta.
Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian, Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). ISBN: 978-602-51453-3-9.
Santoso. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Tan, Joseph C.L. (2016). Project-Based Learning for Academically-Able Students. Netherland: Sense Publishers. ISBN: 978-94-6300-732-0.
Titu. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Winardi. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Metode MMP dan Pendekatan Open-Ended. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Yusuf. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. ISBN: 978-602-1186-01-5.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

