PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE UNTUK MATERI PERPINDAHAN PANAS SISWA SMK NEGERI 1 DRIYOREJO
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Media Interaktif, Articulate Storyline, Perpindahan PanasAbstrak
Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dalam kegiatan pembelajaran menjadi peran penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Khususnya dalam pembelajaran di SMK yang menekankan pada penguasaan kompetensi atau keahlian dari setiap siswa. Namun terkadang terdapat faktor eksternal yang menghalangi untuk dapat memaksimalkan media pembelajaran guna mencapai tujuan dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan gawai yang tidak sesuai dengan keperluan seperti menggunakan gawai tidak untuk kegiatan yang menunjang pembelajaran menjadi kendala serius siwa dalam tercapainya tujuan belajar. Oleh karena itu pengembangan media interaktif articulate storyline menjadi salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan yang ada. Pemanfaatan media pembelajaran yang memadukan penggunaan gawai dan penyediaan materi menjadi salah satu cara efektif dalam mengatasi efek negatif dari gawai. Selain itu penggunaan media pembelajaran interaktif berguna untuk men stimulus siswa dalam kegiatan pembelajaran agar lebih aktif dalam mencapai kompetensi pembelajaran. Dalam pengembangan tingkat validitas menjadi hal yang penting. Untuk membantu mendapatkan validitas yang layak model pengembangan 4D dipakai untuk menjembatani pengembangan media pembelajaran. Tiga aspek penting menjadi fokus utama pengembangan mulai dari materi yang mendapatkan validitas tinggi dengan nilai 0,83, media dengan nilai 0,82 mendapatkan nilai validitas tinggi, serta bahasa yang mendapatkan tingkat validitas tinggi dengan mendapatkan nilai 0,86. Media pembelajaran interaktif dinyatakan memilki validitas tinggi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 203
,
PDF Downloads: 173